Book Section
Published
PENGANTAR PEMASARAN ISLAM
Abstract
lhamdulillah, penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat
Allah Subhanahu wa Ta’ala atas seluruh nikmat yang dikaruniakanNya tak terhitung banyaknya kepada penulis sampai buku yang
berjudul,” Pengantar Pemasaran Islam”, bisa diselesaikan.
Perkembangan ilmu marketing dimulai sejak selesainya
perang dunia ke II dan runtuhnya system komando (komunis) dan
beralih kepada ekonomi pasar, pasar memiliki kekuatan tersendiri
yang bisa mendukung pertumbuhan usaha ataupun perekonomian.
penguasa pasar adalah pemenang dari kompetisi ekonomi dan
ilmu yang paling aplikatif untuk memenangkan pasar adalah ilmu
marketing.
Setelah runtuhnya komunis yang dinilai gagal dalam
mensejahterakan dan menumbuhkan perekonomian, system pasar
yang bebas atau kapitalis dinilai sebagai system yang terbaik
hingga mungkin sampai saat ini, Namun akhir-akhir ini beberapa
Negara yang menggunakan system kapitalis mulai runtuh seperti
yang terjadi beberapa Negara di Eropa. Dan system kapitalis mulai
dipertanyakan kembali bahkan muncul sebuah pernyataan bahwa
“tidak ada suatu Negara yang 100% komunis dan 100% kapitalis”,
karena kedua system ekonomi tersebut memang terdapat
kelemahan. Tak jauh beda juga dengan system pemasaran saat ini
yang bernilai kapitalis dinilai perlu ditinjau kembali. Munculnya
ilmu marketing dalam 1 abad ini dan ditengah keraguan akan
system pemasaran yang bersumber dari system kapitalis, buku ini
ditulis untuk menggali dan memaparkan khazanah islam dalam
ilmu marketing.
Buku ini mencoba menyajikan model baru dalam
praktik pemasaran islam, yang merujuk pada syariat islam yaitu berpedoman pada Al-qur’an dan Hadist serta menjadikan Nabi
Muhammad sebagai suri tauladan dalam praktik pemasarannya.
Model dalam penelitian ini menggambarkan bahwa aktifitas dalam
pemasaran yang dilakukan oleh seorang pemasar berada dalam
segitiga Cinta marketer yang berisikan bahwa segala sesuatu
dilakukan atas dasar ibadah kepada Alloh SWT dengan cara-cara
yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disamping itu
model ini memberikan gambaran value-value yang hendaknya
dimiliki oleh pemasar islam yaitu value sidiq, amanah, tabliq dan
fatonah serta memiliki strategi khusus dalam praktik pemasarannya
yang disebut dengan STP (segmentation, targeting dan positioning)
dan yang tidak kalah adalah penerapan taktik pemasaran yang
disebut dengan bauran pemasaran islam yaitu penerapan produk,
harga, promosi dan distribusi yang sesuai dengan tuntunan islam.
Dalam penulisan buku ini, penulis menyadari bahwa
masih banyak terdapat berbagai kekurangan dan keterbatasan
referensi, terkait validasi data maupun dari sisi teknis penulisan.
Maka dengan ini diharapkan masukan dan kritik dari pembaca
dalam rangka penyempurnaan tulisan ini ke depan.
Penulis berharap buku ini bisa membantu dan
mempermudah mahasiswa dalam memahami praktik-praktik
pemasaranyang sesuai dengan pedoman islam serta sebagai
tambahan atau alternatif buku-buku teks yang terkadang sulit
diperoleh dan tentunya memudahkan dosen dalam melaksanakan
pembelajaran.
Publication Details