subakir, fairuz and nur, ifa rodifah and husna, haulia and tailakh, nahla (2022) FA’ĀLIYAH MIND MAPPING LI TARQIYAH NATĀIJ TA’ALLUM AL THĀLIBĀT FĪ MĀDAH AL NAHWI. Ta’lim al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 06 (02). pp. 204-222. ISSN P-ISSN: 2721-5237 | E-ISSN: 2549-208X
FILE TEXT
faaliyah mind mapping.pdf Download (772kB) |
|
FILE TEXT
faaliyah mind mapping.pdf.pdf Download (804kB) |
Abstract
Pengajaran bahasa asing membutuhkan metode dan strategi yang efektif, mind mapping merupakan salah satu metode pengajaran yang efektif, sehingga peneliti menggunakan metode ini untuk mengajarkan nahwu pada santriwati kelas 3. Selain pembelajaran di dalam kelas kegiatan latihan, pembiasaan, dan pengulangan di luar kelas juga sangat diperlukan guna menunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar nahwu siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 39 siswi. Pelaksanaan penelitian terdiri dalam dua siklus, untuk setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Mind Mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar nahwu pada siswi kelas III F Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1, persentase keberhasilan siswi sebelum penerapan mind mapping adalah 26% dari 39 siswa, presentase keberhasilan ini naik pada siklus pertama yaitu 76%, dan pada siklus kedua naik menjadi 85%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MindMapping، نتائج التعليم، النحو |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | PAK Pasca Sarjana PBA S2 |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 03:56 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:56 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2766 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |