HADI, SURYANI (2001) الجوانب التربوية في سورة العصر عند تفسير المراغى وتفسير جزء عم لمحمد عبده (دراسة مقارنة). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (COVER)
1 cover.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (10MB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3 daftar isi.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (550kB) |
|
FILE TEXT (BAB 1)
4 bab 1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (BAB 2)
5 bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (BAB 3)
6 bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
FILE TEXT (BAB 4)
7 bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (105kB) |
|
FILE TEXT (REFRENSI)
8 refrensi.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (439kB) |
Abstract
Hidup manusia di dunia ini adalah hanya sementara saja. Maka dalam hidup yang sementara ini agar di isi dengan hal-hal yang baik-baik untuk bekal kehidupan yang kekaJ yaitu akhirat. Al-Qur'an merupakan sumber pendidikan yang utama dan pertama, narnun tidak sedikit dari manusia yang melupakannya,sehingga banyak dari manusia yang salah jalan dengan mengikuti sumber-surnber pendidikan yang berasal dari barat yang membuat mereka tambah bimbang dalam mengarungi kehidupan ini. Hal inilah yang yang mengantarkan penulis untuk menyingkap nilai-nilai pendjdikan yang terkandung dalam salah satu surat yang terdapat dalam AlQur'an yaitu sura Al- 'Ashr, menurut penafsiran Ahmad Mustafa Al- Maraghi dalam" taf-sir Al- Maraghj'' dan penafsiran Muhammad Abduh ·aalam "tafsir Juz 'Amma". Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran surat ini tentang nilai-rulai pendidikan menurut Musthofa Al Maraghj dan Muhammad Abduh serta persamaan dan perbedaan rnenurut keduanya. Dalam pembahasan ini penuhs terlebih dahu]u mengunakan metode deskriptif untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam surat AlAshr. Selanjutnya metode analisis digunakan penulis untuk menganalisa kandungan surat Al-'Ashr tentang nilai-nilai pendidikan Islam. Sedangkan untuk mengetahuj persamaan dan perbedaan keduanya penulis mengunakan metode koperatif, dan akhimya dengan metode induktif mengantarkan penulis pada kesimpulan akhir bahasan ini. Dengan pembahasan penulis yang masih dangkal ini, terungkap bahwa tidak ada perbedaan yang tajam dalam tujuan pendidikan Islam dalam surat Al-'Ashr, yaitu menciptakan manusia yang seutuhnya untuk kebahagian dunia dan akhirat. Terdapat persamaan diantara keduanya dalam masalah penggunaan waktu dan pendidikan akhlak, dan terdapat perbedaan diantara keduanya dalam definisi iman(akidah), waJaupun mereka sepakat bahwa iman adalah sebagai "Spirit EducaUon". Dan mereka berbeda pendapat dalam pemahaman ibadah atau amal sholeh, menurut AJ- Maraghi amal sholeh adalah buah dari iman, sedangkan Muhammad Abduh mengatakan bahwa amal sholeh seyogyanya ada dalam iman (bagian dari iman ). Akhimya dengan karya tulis yang jauh dari kesempumaan ini, penulis berharap mudah-mudahan dapat memberikan manfat, dan penuhs menyarankan kepada orang tua khususnya dan para guru serta orang-orang yang berkecimpung daJam dunia pendidikan umumnya untuk memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan aqidah, ibadah dan akhlaq, serta penggunaan waktu.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 - Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 04:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 04:27 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2890 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |