Journal Article
Published
Analisis metode islamic montessori for multiple intelligences pada anak generasi alpha dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam
Abstract
Anak terlahir ke dunia sebagai fitrah kedua orang tuanya. Pentingnya
pendidikan dari seorang pendidik merupakan pondasi awal
terbentuknya kreatifitas dan keaktifan pada anak. Peran pendidik dari
orang tua dan guru merupakan prinsip bagaimana mereka dibentuk
dan dibina oleh lingkungan masing-masing. Generasi alpha adalah
anak yang lahir di tahun 2010 hingga sekarang. Perkembangan
teknologi yang semakin maju membuat generasi alpha sangat
terampil menggunakan teknologi. Sehingga, mereka berprinsip untuk
menjadi generasi yang tidak ketinggalan zaman. Dewasa ini, zaman
pun di dominasi dengan sifat yang serba instan dan serba mudah yang
mengakibatkan pengaruh dalam segala bidang khususnya bidang
pendidikan. Metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences
merupakan metode yang mengajarkan pendidikan Islam berdasarkan
kecerdasan majemuk pada anak. Kecerdasan anak generasi alpha
memiliki potensi dalam kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences)
yang komplit sehingga mereka bisa bertahan, beradaptasi dan selalu
tangguh dalam mengikuti tingkat keragaman yang tinggi dan segala
perubahan yang serba Instan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) Peran pendidik terhadap anak generasi alpha dalam
pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences, (2) metode yang
dapat menunjang kesuksesan dalam perbaikan kualitas pendidikan.
Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library
Research). Bersumber primer dan sekunder yaitu buku Maria
Montessori yang di terjemahkan dalam bahasa Indonesia dan
refrensi-refrensi jurnal. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini
adalah (1) pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang menerapkan sebagai berikut, kecerdasan bahasa, logika
matematika, visual spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal
dan kecerdasan naturalis. (2) mengetahui kecerdasan majemuk pada
anak generasi alpha dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Publication Details
JournalAnalisis metode islamic montessori for multiple intelligences pada anak generasi alpha dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam
Volume5 (2)
Pagespp. 47-59
ISSN2747-089X
KeywordsAnak Generasi Alpha Metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences Pendidikan Agama Islam
Item ID2988
Deposited17 Sep 2023 02:28