Darda, Abu (2023) Analisis Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan Losari Brebes. Analisis Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan Losari Brebes, 6 (1). pp. 202-211. ISSN 2655-0695
FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Sustainable_Juni 2023.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (343kB) |
|
FILE TEXT (Plagairism)
Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (390kB) |
Abstract
Madrasah Diniyah di Indonesia sebagai alternatif untuk penambah dan pelengkap dari pendidikan formal yang dirasa belum cukup dalam memberikan pendidikan agama dalam beberapa pertemuan saja. Maka dengan sedikitnya waktu pertemuan dan banyaknya materi yang seharusnya didapatkan secara luas, menjadikan peserta didik belum mampu menguasai dengan benar tentang pendidikan Agama Islam tersebut. Hingga dengan keresahan ini Madrasah Diniyah merancang sedemikian kurikulum yang dapat membantu peserta didik untuk merealisasikan pendidikan Agamanya menjadi sebuah hal yang patut dan melekat dalam hidupnya.Adapun tujuan penelitian adalah:(1) untuk menjelaskan tentang tujuan kurikulum yang diterapkan oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan, Losari, Brebes. (2) untuk menjelaskan tentang materi, metode pembelajaran dan evaluasi di kurikulum yang diterapkan oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan, Losari, Brebes.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randega nmeliputi: tujuan yang sesuai dengan keputusan menteri Agama No.3 Tahun 1983 tentang kurikulum Madrasah Diniyah. Kurikulum tersebut meliputi Materi Al-Qur’an, Hadits, Tarikh Islam, Fiqh, Aqidah, Akhlak, dan bahasa Arab, yang disajikan dengan metode ceramah, Tanya jawab, suri tauladan, demonstrasi, dan hafalan juga praktek dalam proses pendidikan dan pembelajaranya. Adapun evaluasi yang digunakan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ihsan Randegan secara sumatif dan formatif melalui ujian harian, ujian semester, serta ujian praktek.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum, madrasah diniyah takmiliyah awaliyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 02:30 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 02:30 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2989 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |