Alamin, Nurul Salis (2023) Peran Guru Dalam Pola Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Madrasah Inklusif MI Ar-Roihan Malang Tahun Ajaran 2022-2023. Peran Guru Dalam Pola Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Madrasah Inklusif MI Ar-Roihan Malang Tahun Ajaran 2022-2023, 6 (4). pp. 873-883. ISSN 2614-4905
FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Al-Afkar_Oktober 2023.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (738kB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (797kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan pola pembelajaran akidah akhlak untuk anak berkebuthan khusus di madrasah inklusif 2) mendiskusikan penerapan pola pembelajaran akidah akhlak pada anak berkebutuhan khusus di madrasah inklusif 3) peran guru dalam penerapan pola pembelajaran akidah akhlak untuk anak berkebutuhan khusus di madrasah inklusif. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif berbasis studi kasus. Peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentsi untuk menjawab tiga tujuan penelitian. Hasil penelitian 1) pola pembelajaran materi akidah akhlak yaitu guru dan anak, guru serta anak dan alat, guru serta anak dan media. 2) implementasi pola pembelajaran akidah akhlak diterapkan di kegiatan seputar sekolah dengan sholat dhuha, membaca asmaul husna dan bimbingan serta nasehat kebiasaan baik serta diimplementasikan diintrakulikuler, ekstrakulikuler dan kulikuler. 3) peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak dengan peran guru sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, dan pemberi inspirasi. Serta peneliti menemukan temuan baru dalam peran guru sebagai visual support dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak.Penelitian ini menemukan telah terjadi pola pembelajaran akidah akhlak bagi anak berkebutuhan khusus dengan alasan adanya peran guru sehingga implementasi pembelajaran akidah akhlak pada anak berkebuthan khusus diterapkan. Diharapkan untuk sekolah inklusif yang lainnya untuk menerapkan dan meningkatkan pola pembelajaran akidah akhlak dengan implementasi pembelajaran serta peran pendampingan guru bimbingan konseling, sehingga sekolah inklusif dapat mengkaji dan menerapkan pola-pola pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 04:36 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 04:36 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3184 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |