Journal Article
Published
Peran Guru Dalam Pola Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Madrasah Inklusif MI Ar-Roihan Malang Tahun Ajaran 2022-2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan pola pembelajaran akidah akhlak untuk anak
berkebuthan khusus di madrasah inklusif 2) mendiskusikan penerapan pola pembelajaran akidah
akhlak pada anak berkebutuhan khusus di madrasah inklusif 3) peran guru dalam penerapan pola
pembelajaran akidah akhlak untuk anak berkebutuhan khusus di madrasah inklusif. Dalam penelitian
ini digunakan metode kualitatif berbasis studi kasus. Peneliti menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentsi untuk menjawab tiga tujuan penelitian. Hasil penelitian 1) pola pembelajaran materi
akidah akhlak yaitu guru dan anak, guru serta anak dan alat, guru serta anak dan media. 2)
implementasi pola pembelajaran akidah akhlak diterapkan di kegiatan seputar sekolah dengan sholat
dhuha, membaca asmaul husna dan bimbingan serta nasehat kebiasaan baik serta diimplementasikan
diintrakulikuler, ekstrakulikuler dan kulikuler. 3) peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak
dengan peran guru sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, dan pemberi inspirasi. Serta peneliti
menemukan temuan baru dalam peran guru sebagai visual support dalam implementasi pembelajaran
akidah akhlak.Penelitian ini menemukan telah terjadi pola pembelajaran akidah akhlak bagi anak
berkebutuhan khusus dengan alasan adanya peran guru sehingga implementasi pembelajaran akidah
akhlak pada anak berkebuthan khusus diterapkan. Diharapkan untuk sekolah inklusif yang lainnya
untuk menerapkan dan meningkatkan pola pembelajaran akidah akhlak dengan implementasi
pembelajaran serta peran pendampingan guru bimbingan konseling, sehingga sekolah inklusif dapat
mengkaji dan menerapkan pola-pola pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik.
Publication Details
JournalPeran Guru Dalam Pola Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Madrasah Inklusif MI Ar-Roihan Malang Tahun Ajaran 2022-2023
Volume6 (4)
Pagespp. 873-883
ISSN2614-4905
Item ID3184
Deposited26 Dec 2023 04:36