Alamin, Nurul Salis (2023) Prinsip-Prinsip Pembelajaran Pendidikan Islam Menurut Syekh Yusuf Al Qardhawi Dan Relevansinya Dengan Prinsip UNESCO. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Pendidikan Islam Menurut Syekh Yusuf Al Qardhawi Dan Relevansinya Dengan Prinsip UNESCO, 6 (4). pp. 884-900. ISSN 2614- 4905
FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Al-Afkar_Oktober 2023.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (597kB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
Cek Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (674kB) |
Abstract
Yusuf Al-Qardhawi, seorang ulama Mesir menjelaskan dalam bukunya yang berjudul AlIlmu wa Ar-Rasul tentang kerangka dasar methode pengajaran. Yaitu tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang pendidik agar tercipta kegiatan pembelajaran yang sukses dan dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter. Buku ini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW adalah guru pertama yang terbaik. Para pendidik patut menjadikan Rasulullah SAW panutan dalam hal etika mengajar, apa yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dan sifat-sifat seorang pendidik sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Asas-asas dasar pengajaran yang diwariskan oleh Rasulullah SAW memiliki hubungan erat dengan manajemen pembelajaran berbasis karakter di sekolah maupun di majlis-majlis ilmu lainnya. Apabila guru dapat mengatur segalanya di dalam proses pembelajaran dan dapat melaksanakan apa-apa yang telah menjadi asas-asas dasar pengajaran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam mengajar, maka akan tercipta suasana belajar yang harmonis antara guru dan murid, guru dapat memahami murid-muridnya, murid pun mudah untuk mencerna apa-apa yang disampaikan oleh guru yang akhirnya dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang beriman, bertaqwa, berprestasi dan berkarakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 04:33 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3185 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |