Thesis
Published
السنة لطالبات املطالعة مقالة ضبط يف والكفاءة النحو قواعد استيعاب بني العالقة للرتبية الثاين احلرم للبنات نتور و ك السالم دار مبعهد اإلسالمية ات املعلم بكلية الرابعة الشرقية جاوى جناوى مانتنجان بسامبريجيو احلديثة اإلسالمية
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam proses belajar mengajar di Pondok
Modern Darussalam Gontor. Dalam memahami berbagai bentuk buku yang berbahasa Arab, diperlukan
bahasa yang baik sehingga dapat memahaminya dengan baik pula. Pondok Modern Darusslam Gontor adalah
salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran bahasa yaitu bahasa Arab dan Inggris, maka para guru
menerangkan materi-materi dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Dalam kegiatan yang ada di
pondok ini, salah satunya seperti ujian lisan bahasa Arab terdapat sebagian siswi kelas 4 yang belum
maksimal dalam menggunakan Qoidah Nahwu yang mana telah mereka pelajari kurang lebih tiga tahun,
namun masih ditemukan kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kaidah nahwu, sehingga masih ada siswi
yang belum bisa membaca maqolah tanpa harakat dengan baik. Peneliti menemukan sebagian dari mereka
siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H, belum bisa
memberikan harakat terhadap makalah muthala’ah tanpa harakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui ketepatan santriwati kelas 4 Kulliyat-l
Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darusslam Gontor Putri tahun ajaran 1437-1438 H dalam
penguasaan nahwu,(2) Kemampuan memberi harakat pada makalah muthala’ah tanpa harakat santriwati
kelas 4 Kulliyat-l Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darusslam Gontor Putri tahun ajaran 1437-1438
H, (3) Menjelaskan ada atau tidaknya hubungan antara penguasaan pelajaran nahwu dan kemampuan
memberikan harakat pada makalah muthala’ah tanpa harakat bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H.
Penilitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan siswi
kelas 4 KMI Gontor Putri sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 50% yaitu 75
orang, yang ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah metode tes dan dokumentasi. Adapun dalam pengelolaan data menggunakan
statistik dengan rumus rata-rata dan Product Moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Penguasaan Materi
Qowa’id nahwu bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2 Tahun Ajaran 1437-
1438 H dalam kategori bagus, hal ini dilihat dari analisis menunjukkan nilai mean 7,49 dalam interval 7-10.
(2) Kemampuan memberi harakat pada makalah siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri
kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H dalam kategori sedang, hal ini dilihat dari hasil analisis menunjukkan
nilai mean 6,4 dalam interval 5-7. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan Qowaid
Nahwu dengan kemampuan member harakat pada makalah bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H. Hal itu terbukti dengan nilai analisis Product Moment
dengan skor nilai r 0,584 dan derajat (df) = 70 pada taraf signifikan 5% = 0,232. Maka nilai r lebih besar dari
pada r tabel pada taraf 5%. Oleh karena itu, hasilnya signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Wakil Direktur Kulliyatu-L-
Mua’allimat Al-Islamiyah Gontor Putri Kampus 2 dan staf pembantunya untuk lebih menerapkan metode
pengajaran yang benar untuk materi Nahwu dalam pemakaiannya dalam pelajaran yang berbahasa Arab. Dan
bagi pengajar Bahasa Arab untuk memberikan bimbingan lebih terhadap bahasa terutama dalam pelajaran
yang berbahasa Arab. Dan peneliti berharap kepada pembahas yang akan datang untuk melengkapi dan
mendalami lebih baik lagi
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 400 Bahasa
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Item ID349
Deposited02 Nov 2020 08:03