Thesis
Published
ّ الصف البات لط العربية اللغة تعليم ىف ا وهل وحل ملباشرة ا الطريقة تنفيذ مشكالت إندونيسيا الشرقية جاوى فونوروكو - جوفري ات ن للب اإلسالمي ة املود ّ مبعهد ه 1438 - 1437 الدراسى العام
Abstract
Pada hakikatnya bahasa merupakan sarana atau alat komunikasi untuk saling
memahami sesama manusia. Begitupula di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Puteri,
bahasa itu sendiri merupakan “Kuncinya Ilmu” untuk membuka berbagai ilmu
pengetahuan terutama ilmu agama. Maka dalam praktik komunikasinya sehari-hari baik
didalam dan diluar kelas sangat dimemerlukan metode yang efektif. Metode Langsung
dianggap sangat efektif untuk menyampaikan maklumat secara mudah kepada santriwati
pemula.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah pelaksanaan Metode
Langsung dalam pengajaran Bahasa Arab Santriwati Kelas Satu di Pondok Pesantren Al-
Mawaddah Tahun Ajaran 1437-1438 H.
Agar tujuan tersebut tercapai, peneliti menggunakan Metode Kualitatif untuk
memperoleh data Santriwati kelas 1 dan guru serta data tentang gambaran umum MBI
( Ma’hadul Banat Al-Islamy) beserta kegiatannya, melalui metode observasi dan
wawancara untuk mengetahui jalannya proses pengajaran Bahasa Arab oleh para Wali
Kelas.
Dari hasil penelitian tersebut, didapat bahwa metode langsung yang dipakai
dalam pengajaran bahasa Arab (Durusul Lughah) santriwati kelas 1 sudah berjalan
dengan baik walaupun masih sangat perlu ditingkatkan terutama dari kemampuan bahasa,
kompetensi, serta kreatifitas guru itu sendiri dalam mengajar. Dan untuk para pengajar di
kelas-kelas bawah agar lebih bisa menguasai dan mampu mengolah bahasa dengan baik.
Sehingga, para santriwati mudah untuk menyerap materi-materi yang diberikan oleh
Guru, selain harus konsisten dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dan tidak keluar
dari metode tersebut.
Berdasarkan penelitian tersebut, Peneliti menyarankan kepada sebagian guru-
guru Bahasa Arab kelas 1 untuk meningkatkan pendidikannya, dan meningkatkan
pengajarannya dalam mengajar Bahasa Arab melalui metode langsung. Yaitu dengan
mengadakan pembekalan secara intensif dan evaluasi yang teliti terhadap para pengajar
Bahasa Arab agar selalu menggunakan Metode yang tepat dalam pengajaran bahasa,
khususnya untuk para santriwati kelas 1 (Pemula). Selain dari pada kreatifitas guru yang
harus di upgrade Peneliti juga menyarankan untuk menggunakan media teknologi
pembelajaran yang menarik seperti pemutaran video maupun film-film berbahasa Arab.
Sehingga, santriwati dapat dengan mudah memahami dan menguasai pelajaran dalam
Bahasa Arab dengan baik. Mudah-mudahan pembahasan ini bisa bermanfa’at bagi
seluruh pihak pemerhati Bahasa khususnya di PP Al-Mawaddah untuk selalu
mengembangkannya.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
SubjectsL Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Item ID357
Deposited02 Nov 2020 08:33