Thesis
Published
HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PELAJARAN SHORF DAN KEMAMPUAN MEMBUKA KAMUS BAHASA ARAB SISWI KELAS 5 KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1437-1438 H
Abstract
Bahasa arab adalah bahasa asing yang dipelajari di sekolah – sekolah islam. Dan ilmu bahasa
arab adalah ilmu dapat menjaga lisan dan tulisan dari kesalahan. Ilmu bahasa ada beberapa ilmu,
diantaranya: ilmu shorf, ilmu ma’ani, ilmu kaidah nahwu, ilmu bayan, ilmu badi’ dan lain sebagainya.
Dan diantara beberapa ilmu bahasa arab yang paling penting adalah imu shorf dan ilmu i’rab atau nahwu.
Ilmu shorf merupakan ilmu bahasa yang penting karena imu ini mempelajari tentang bentuk-bentuk
perubahan kalimat dan perubahan kalimat yang meliputi ibdal, i’lal, idgham, dan pemahaman dalam ilmu
shorf dapat mencegah kesalahan dalam pemahaman bentuk-bentuk kalimat. Pemahaman tentang ilmu
shorf dalam memudahkan bagi orang yang ingin mencari arti kata dalam bahasa arab di dalam kamus
bahasa arab.
Tujuan penelitan dalam pembahasan ini adalah untuk: 1) Mengetahui penguasaan siswi kelas 5
KMI pada pelajaran shorf, 2) Mengetahui kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam membuka kamus bahasa
arab, 3) Mengetahui adanya hubungan antara penguasaan pelajaran shorf dan kemampuan membuka
kamus bahasa arab siswi kelas 5 KMI Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur, Tahun Ajaran 1437-1438 H.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data,
diantaranya metode dokumentasi untuk memperoleh data santriwati, dan metode tes untuk mengukur
pemahaman pelajaran shorf dan kemampuan membuka kamus bahasa arab siswi kelas 5 KMI. Adapun
teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisa korelasi product moment, yang diperkuat dengan uj
koefisien korelasi r. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam
Gontor Putri Kampus 1 yang berjumlah 625 siswi. Dan sampel yang digunakan adalah 20% dengan
jumlah 123 siswi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam penguasaan
materi shorf adalah maqbul dengan nilai 5,44 dan standar kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam membuka
kamus bahasa arab adalah maqbul dengan nilai 6,66 dan menunjukkan adanya hubungan yang lemah
antara penguasaan materi shorf dan kemampuan membuka kamus bahasa arab siswi 5 KMI Pondok
Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 1436-1437 H. Hal ini berdasarkan hasil r
product moment (rxy) = 0,375 kemudian setelah digabungkan dengan daftar significant level, ternyata
nilai r terletak pada tingkat yang rendah yaitu antara 0,210-0,400. Dan hal ini dikuatkan dengan hasil
kohefisien korelasi r = 0,375 yang nilainya lebih besar daripada nilai pada daftar r dengan df 5% yaitu
0,173, berarti hipotesa alternatif diterima.
Berdasarkan atas hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Direktur Kuliyyatul
Mu’allimat Al Islamiyah dan staf pembantunya untuk lebih meningkatkan dan menerapkan metode
pengajaran yang benar untuk materi shorf dan dalam pelatihan menggunakan kamus bahasa arab.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
SubjectsB Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Item ID364
Deposited02 Nov 2020 10:09