Search for collections on UNIDA Gontor Repository

سلوك التجارة في الاقتصاد الإسلامي والاقتصاد التقليدي (دراسة مقارنة)

Maratama, Adip (2012) سلوك التجارة في الاقتصاد الإسلامي والاقتصاد التقليدي (دراسة مقارنة). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Adip Maratama - HES - 2012)
Adip Maratama - HES - 2012.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (114MB)

Abstract

Kegiatan bisnis dalam ekonomi Islam dan ekonomi Konvensional, bukanlah kegiatan yang boleh dilakukan dengan sesuka hati. Islam memberikan rambu-rambu pedoman dalam melakukan kegiatan usaha, mengingat pentingnya masalah ini dan banyaknya manusia yang tergelincir dalam perkara bisnis ini. Faktanya terdapat ancaman keras bagi pelaku bisnis yang tidak mempedulikan etika, tetapi juga janji berupa keutamaan yang besar bagi mereka yang benar-benar menjaga dirinya dari hal-hal yang diharamkan syari'at dan Undang-undang pemerintah. Rusaknya citra bisnis diakibatkan adanya pandangan yang salah yaitu pandangan praktis yang melihat bisnis sebagai suatu kegiatan profit making semata, bahkan laba dianggap sebagai satu-satunya tujuan pokok bisnis, dan bukan pandangan ideal. Maka dibuatlah aturan prilaku pengusaha dalam menjalankan kegiatan bisnis yang dikenal dengan etika bisnis, guna menuntun pengusaha dan manajemen untuk mengambil sikap dalam operasi usahanya sehari-hari sehingga pengusaha dan manajemen bertindak secara tepat dalam menjalankan usahanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sekaligus memperoleh keuntungan yang wajar. Berdasarkan pemikiran di atas maka pembahas ingin mencoba untuk mengungkapkan perbedaan antara prilaku bisnis Islami dan Konvensional, dan disini pembahas menitik beratkan pembahasannya pada pengertian prilaku bisnis, perinsip- perinsipnya, tujuannya dan membandingkan keduanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur dengan mengunakan methodologi pendekatan Normative. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode dokumentar untuk mengumpulkan Data-data tentang prilaku bisnis dalam ekonomi Islam dan Konvensional. Dari data yang terkumpul penulis melakukan analisanya dengan menggunakan metode induktif untuk memaparkan gambaran umum prilaku bisnis dan metode deduktif, untuk mengambil kesimpulan perilaku bisnis dalam ekonomi Islam dan Konvensional, dan untuk mendapatkan kesimpulan akhir, pembahas melanjutkan analisanya dengan menggunakan metode analisis deskriptif komparatif agar penulis dapat menemukan kesimpulan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya ada persamaan antara prilaku bisnis dalam ekonomi Islam dan Konvensional pada bagian Prinsip-prinsipnya, orientasinya dan dapat diketahui juga perbedaanya yang terletak pada pengertiannya, beberapa prinsipnya, landasan hukum yang digunakan, dan tujuan berbisnisnya. Bagaimanapun juga kajian ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kepada peneliti selanjutnya agar mengupas lebih dalam lagi tentang pembahasan ini dari sudut pandang yang berbeda. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk-Nya kepada jalan kebaikan dan meridhoi segala yang kita usahakan.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:05
Last Modified: 30 Oct 2024 03:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3862

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item