Search for collections on UNIDA Gontor Repository

THE INFLUENCE OF ISLAMIC LEADERSHIP TOWARD EMPLOYEE LOYALTY (Case Study in Ziyad Visi Media, Surakarta on 2010)

Hasanah, Nur (2010) THE INFLUENCE OF ISLAMIC LEADERSHIP TOWARD EMPLOYEE LOYALTY (Case Study in Ziyad Visi Media, Surakarta on 2010). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Nur Hasanah-HES-2010)
Nur Hasanah - HES - 2010.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (94MB)

Abstract

Dewasa ini Islam memiliki banyak pandangan atau pendapat mengenai kepemimpinan. Wacana kepemimpinan menurut Islam yang berkembang ini, diawali setelah Rasullullah wafat. Kepemimpinan adalah fakta sosial yang tidak bisa dihindarkan untuk mengatur hubungan antarindividu yang tergabung dalam suatu organisasi. Dimana masing- masing individu memiliki tujuan kolektif yang ingin diwujudkan bersama dalam organisasi berdasarkan kesepakatan bersama yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, yakni dengan menunjuk seseorang yang dapat dipercaya mampu memimpin dan memberikan petujuk atas segala persoalan. Setiap pemimpin perusahaan mempunyai karyawan yang mempunyai loyalitas terhadap pemimpinnya. Konsekuensinya, pemimpin harus memnuhi syarat-syarat dan kriteria-kriteria khusus yang membuat orang lain bersedia mengikuti dan mematuhinya secara suka rela. Karakter pemimpin muslim adalah kriteria khusus yang membuat karyawan loyal terhadap pemimpin. Dan penelitian yang dilakukan pada pemimpin muslim dan karyawan di Ziyad Visi Media, Surakarta yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku Islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep kepemimpinan Islam yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Islam terhadap loyalitas karyawan pada Ziyad Visi Media, Surakarta pada tahun 2010. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisa kuantitatif dengan menggunakan analisa statistic untuk mengetahui hubungan antara dua variable. Data dalam penelitian ini didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan juga kuesioner. Metode ini diambil untuk mencari informasi yang berkaitan tentang Kepemimpinan Islam dan loyalitas karyawan. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, metode induktif dan metode korelatif Pearson untuk mengetahui korelasi positif dan untuk mengetahui signifikansi antara variabel akan diuji dengan t-distribusi, dengan interpretasi signifikansi sekitar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Islam di Ziyad Visi Media memiliki pengaruh yang rendah terhadap loyalitas karyawan. Penelitian ini dengan menggunakan metode Pearson korelatif, hasil dari uji korelasi product moment dari Kepemimpinan Islam terhadap loyalitas karyawan adalah sekitar 0,391 dan memiliki pengaruh yang rendah. Hasil studi ini bukan berarti tidak sesuai dengan teori yang ada bahwa Kepemimpinan Islam sangat mempengaruhi loyalitas karyawan. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan loyalitas karyawan terhadap pemimpin dalam Ziyad Visi Media kurang, yaitu, bahwa karyawan yang ada di perusahaan ini adalah karyawan yang berpendidikan dan kepemimpinan yang diterapkan adalah self-leadership di mana setiap karyawan adalah pemimpin untuk setiap bagian dari departemen. Penulis berharap tulisan ini bermanfaat, dan diharapkan kepada peneliti berikutnya untuk lebih bisa menyempurnakannya

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:25
Last Modified: 31 Oct 2024 02:25
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3919

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item