Thesis
Published
تحليل عن تنفيذ إدارة التسويق في تنمية النتاج دراسة حالة في البنك الشعبي الإندونيسي الشرعي فرع مالانج من شهر نوفمبير حتى مارس (۲۰۰۷)
Abstract
Maraknya perkembangan perbankan Islam dewasa ini ditandai dengan banyak berdirinya perbankan syari'ah disetiap daerah terutama didaerah Malang, maka dari itu pengembangan produk sangat diperlukan dalam pencapaian tujuan bank, diantaranya diperlukan strategi pemasaran untuk memasarkan produk bank yang cocok dengan kemauan dan keinginan nasabah agar dapat bersaing dengan produk bank yang lain. Maka aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan produk di perbankan syari'ah adalah penerapan manajemen pemasaran yang sesuai dengan nilai dan prinsip Islam. Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, untuk memasarkan barang serta jasa untuk memenuhi tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep manajemen. pemasaran dan mekanisme pelaksanaannya terhadap perkembangan produk di BRI Syari'ah cabang malang. Untuk mencapai tujuan dari pembahasan diatas, maka dalam penelitian ini penulis memakai jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan fenomena (Phenomology Approach) dengan metode kualitatif Eksploratif (Qualitative Exploratif Research). Adapun untuk mendapatkan gambaran umum dan data-data tentang BRI Syari'ah cabang Malang, penulis mengadakan observasi dan dokumentasi serta wawancara dengan pihak BRI Syari'ah cabang Malang. Penulis menggunakan metode induktif untuk memaparkan konsep manajemen pemasaran pada BRI Syari'ah cabang Malang, dan metode deduktif untuk mengambil kesimpulan tentang pelaksanaan manajemen pemasaran pada BRI Syari'ah cabang Malang, yang kemudian dianalisa yang lebih mendalam dengan menggunakan metode Descriptive Critical Analisis dalam menganalisa penerapan manajensen pemasaran dalam pengembangan produk pada BR! Syari'ah cabang Malang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat keefektifan manajemen pemasaran yang diterapkan oleh BRI Syari'ah cabang Malang, yang ditandai dengan berkembanguya produk BRI Syari'ah cabang Malang dan perluasan tempat pemasaran produk bank yaitu didaerah pasuruan serta pertambahan nasabah yang menjadi DPK. Adapun konsep pemasaran yang dipakai adalah bauran pemasaran (mencangkup unsure produk, harga, tempat, promosi) dan dalam pengembangan produk BRI Syari'ah menggunakan strategi pemasaran. Hal ini menunjukan bahwa manajemen pemasaran mempunyai peran yang penting dalam pengembangan produk pada BRI Syari'ah cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada seluruh pegawai BRI Syari'ah untuk mempertahankan kinerjanya, agar eksistensi BRI Syari'ah bisa lebih terjamin dan lebih bisa mengembangkan produk-produknya dimasa yang akan datang. Salah satu upaya perbaikan nilai efisiensi adalah dengan mengevaluasi penggunaan input agar bisa lebih baik lagi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini, sehingga mampu memberikan kontribusi lebih demi kemajuan perbankan syari'ah.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPerbandingan Mazhab
SubjectsK Law > K Law (General)
Item ID3951
Deposited31 Oct 2024 03:13