Sunjoto, Arie Rachmat (2006) تحليل القوة والضعف والفرصة والتحدى (SWOT) في استراتيجية التسويق الإسلامي السنة الدراسية ٢٠٠٦/٢٠٠٥. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Arie Rachmat Sunjoto - HES - 2006)
Arie Rachmat Sunjoto - HES - 2006.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (120MB) |
Abstract
Swalayan surya merupakan merupakan salah satu usaha perekonomian yang cukup maju di kota ponorogo dengan itulah pelanggan yang sangat besar. Kemajuan swalayan surya ini tentu tidak lepas dari usaha-usaha dan cara-cara perdagangan khusus, diantaranya adalah tata cara pemasaran barang. Dengan kemajuan kualitas yang dicapai oleh swalayan surya ini penulis ingin mengetahui cara-cara memasarkan barangnya dan juga untuk mengetahui analisa kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan yang dihadapi pemilik swalayan dalam rangka memajukan usahanya. Dengan keterangan dan permasalahan di atas maka penulis bermaksud membahas dan meneliti tentang analisis kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan di dalam strategi pemasaran Islam di swalayan surya ponorogo. Dengan tujuan untuk mengetahui mekanisme strategi pemasaran sesuai dengan sariat Islam. Untuk mencapai tujuan dari pembahasan di atas maka penelitian ini memakai jenis penelitian lapangan. Dalam pendekatannya penulis menggunakan pendekatan penomena (Phenomenology Approach) Dengan metode kuantitif eksploratif (Quantitative Explorative Method). Adapun untuk mendapatkan data-data dan keterangan tentang mekanisme pemasaran peneliti menggunakan metode angket (Questioner) dan observasi langsung ke lapangan penelitian. Sedangkan untuk mendapatkan data-data tentang tentang swalayan surya peneliti menggunakan metode wawancara (Interview) dan dokumentasi (Written Record) dari Pihak swalayan surya ponorogo. Strategi pemasaran Islam konsep pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi yang bersangkutan dengan pemasaran. Dalam rangka menganalisa data-data yang didapatkan dari angket/questioner peneliti menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Pearce dan Robinson guna pengkajian atas tingkat kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan, dengan rumus c-aXb Nb Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli/pelanggan swalayan surya sebanyak 200 orang sedangkan sampelnya adalah 20 responden dari jumlah pelanggan swalayan surya. penelitian ini terbatas pada mekanisme strategi pemasaran dan pengkajian analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan di swalayan surya ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan terhadap factor internal menempatkan swalayan surya ponorogo pada sumbu X positif (total kekuatan total kelemahan 17) yang berarti swalayan surya memiliki kekuatan yang cukup diandalkan. Sedangkan pemetaan terhadap faktor eksternal menempatkan swalayan surya pada sumbu Y positif (total peluang total tantangan 18) yang artinya mempunyai peluang. maka swalayan surya ponorogo berada pada keadaan I yaitu progessif. Berarti swalayan surya dalam kondisi prima dan mantap, sehingga dapat terus melakukan ekspansi dan memperluas pertumbuhan serta meraih kemajuan secara maksimal. Berdasarkan pada penelitian tersebut, peneliti memberikan saran kepada pihak swalayan surya untuk mempertahankan dan istiqomah sehingga dalam pelaksanaan strategi pesamasaran tetap sesuai dengan ajaran-ajaran Islam yang berlandaskan kepada Al-qur'an dan Al-hadist. Dan terus meningkatkan masalah perekonomian khususnya pemasaran dengan sebaik mungkin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 01:54 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 01:54 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4048 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |