Rofiqo, Azidni (2013) استراتيجية تسويق المتجر الإسلامي دراسة تحليلية في متجر كياهي رادين سنتري مونتيلان ما جيلاج سنة (۲۰۱۳). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Azidini Rofiqo - HES - 2013)
Azidini Rofiqo - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan, perusahaan tidak akan dibilang sukses jika tidak mempunyai pemasaran, meskipun mempunyai produk yang bagus, dan jika perusahaan tidak mempunyai pemasaran yang baik maka perusahaan bisa bangkrut dan tutup, maka strategi pemasaran merupakan hal yang harus ada bagi suatu perusahaan, agar perusahaan semakin bagus dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi nasional suatu Negara. Toko serba Kyai Raden Santri adalah salah satu toko serba yang berprinsipkan Islam, yang mana hal tersebut diketahui dari visi perusahaan yaitu "mewujudkan pusat pembelanjaan yang berbasic Islamic trade di kawasan Muntilan dan sekitarnya dalam suasana aman, bersih dan nyaman" dan toko serba yang berbasic Islam di kawasan Magelang masih jarang adanya, maka hal ini penting untuk diadakan penelitian. Dalam penelitian ini, yang ingin diketahui oleh peneliti adalah, Mengidentifikasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh KR Santri dan juga menganalisis lingkungan internal dan eksternal dan juga internal-eksternal perusahaan toko serba Kyai Raden Santri di Muntilan, Magelang. Penelitian ini adalah jenis penelitian campuran (triangulation) yang mana menganalisis dengan analisis kualitatif kemudian hasilnya dianalisis dengan analisis kuantitatif, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang mana digunakan dalam analisis SWOT dan digunakan dalam analisis kualitatif, dan peneliti menggunakan metode (quisioner) atau angket untuk menganalisis kuantitatif yang mana menggunakan analisis internal factor evaluation, eksternal factor evaluation dan internal eksternal factor evaluation, untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh KR Santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tabel matriks IFE didapatkan bahwa total nilai terbobot sebesar 3,592 Hal ini menunjukkan bahwa Swalayan KR Santri berada dalam kondisi yang kuat karena telah mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dalam mengatasi kelemahan dengan baik. Sedangkan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan matriks EFE diperoleh total skor terbobot yang dimiliki oleh Swalayan KR Santri yaitu sebesar 3,528. Hal ini menunjukkan bahwa Swalayan KR Santri mampu merespons faktor eksternal dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk mengatasi ancaman. Sedangkan berdasarkan matriks IEFE (internal-eksternal factor evaluation) maka diketahui bahwa Swalayan KR Santri dalam memasarkan produk-produk yang dijual menempati posisi pada sel I, posisi pada sel I berarti perusahaan dalam kondisi Grow and Build dengan strategi yang dapat dilakukan adalah strategi intensif (market penetration, market development, dan produk development).
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 03:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 03:13 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4103 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |