Shofita, Nailis (2017) PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM BENTUK MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN TARIKH ISLAM KELAS 3 KMI DI PONDOK MODEN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN 1437-1438 H. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
341111435-Nailis shofita tarbiyah.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Jenis media inilah yang sering digunakan oleh para guru untuk membantu menyampaikan isi atau materi pelajaran. Karena dengan media ini dapat memudahkan siswa/siswi dalam memahami dan mengingat dalam suatu pelajaran. Dan pengajaran dalam menggunakan visual mengembangkan siswa dalam memahami suatu pelajaran. Mapping adalah alat pikir yang unik yang akan muncul kejeniusan alami kita dan memungkinkan kita berhasil di setiap area kehidupan. Dan mapping dapat membantu kita belajar, menyusun, dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang kita inginkan, dan mengelompokkan dengan cara alami, memberi kita akses yang mudah dan langsung kepada apapun yang kita inginkan. Menurut yovan pencatatan menggunakan mapping dapat membantu siswa dalam mengetahui isi-isi penting, dan dapat memudahkan dalam memahami dan mengingat pelajaran. Seperti yang telah diketahui bahwa nilai tarikh islam dan khususnya kelas 3 belum ada peningkatan Maka dari itu peneliti mempunyai gagasan untuk meningkatkan pemahaman dan nilai pada pelajaran tarikh islam dengan menggunakan media visual dalam bentuk mapping, dengan ini, akan mengetahui apakah media mapping dapat mempengaruhi pemahaman siswi kelas 3 KMI di gontor putri 2. Berdasarkan pemikiran di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penggunaan media visual dalam bentuk mapping dalam pelajaran Tarikh islam di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H. (2)Mengetahui Bagaimana pemahaman pelajaran Tarikh Islam santriwati kelas 3 KMI DI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H. (3) Mengetahui pengaruh media visual dalam bentuk mapping terhadap pemahaman Tarikh Islam kelas 3 KMI DI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, sampel yang di gunakan peneliti adalah 25 % dari populasi sejumlah 146 santriwati, yaitu 36 santriwati kelas 3 KMI karena jumlah populasi lebih dari 100 santriwati kelas 3 KMI. Data penelitian di dapatkan dengan metode angket, tes tulis dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus mean untuk mendapatkan nilai rata-rata dan rumus korelasi kofisien Kontingensi untuk mencapai pengaruh di antara keduanya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tingkat penggunaan media visual dalam bentuk mapping dalam pelajaran Tarikh Islam kelas 3 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H adalah baik dengan nilai 47,86 dan berada pada rentangan 46-60. (2) Tingkat pemahaman Tarikh Islam kelas 3 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H adalah baik dengan nilai 47,61 yang berada pada rentangan 41-61. (3) Adanya pengaruh media visual dalam bentuk mapping terhadap pemahaman santriwati kelas 3 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 1437-1438 H dengan indeks korelasi 0,369, setelah membandingkan dengan tabel Product Moment dengan df 34 pada taraf signifikasi 5 % = 0,339 , dan hubungan yang ada merupakan hubungan yang rendah, karena berada pada kisaran, 0,200-0,400. Berdasarkan penelitian ini di sarankan kepada(1) Bapak Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, untuk meningkatkan minat santriwati dalam mempelajari pelajaran Tarikh Islam dan meningkatkan ketelitian dan persiapan guru dalam mengajar pelajaran Tarikh islam dan menggunakan berbagai macam metode ataupun media. (2) Pengajar Tarikh Islam untuk memperbaiki cara mengajar dan khususnya pada pelajaran Tarikh Islam dan di harapkan menggunakan media visual untuk memudahkan santriwati dalam mengingat dan memahami pelajaran.(3) Santriwati Kelas 3 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, untuk bersungguh-sungguh dalam mempelajari Tarikh islam sampai tercapainya pemahaman yang tinggi.(4) Peneliti yang akan datang untuk membahas masalah ini lebih rinci dan jelas.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 01:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 12:40 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/413 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |