Rahmawati, Elisa Dwi (2007) تحليل إدارة تسويق المرابحة على تحقيق الهدف ببيت المال والتمويل ) دراسة حالة في بيت المال والتمويل فردانا سوريا أوتاما مالانج، سنة ٢٠٠٧ ). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Elisa Dwi Rahmawati - HES - 2007)
Elisa Dwi Rahmawati - HES - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
BMT "Perdana Surya Utama" Malang adalah Lembaga Keuangan Islam yang system operasionalnya seperti Bank Islam dan berlandaskan prinsip syariah Alasan didirikannya adalah sebagai pelopor dalam membangkitkan kegiatan ekonomi umat Islam dan membebaskan umat dari cengkeraman riba khususnya masyarakat dengan usaha kecil menengah ke bawah. Dan dalam manajemen pemasaran produk al-Murobahah BMT PSU selalu berusaha mengembangkan langkah-langkahnya yang tersusun dan terencana yang melibatkan seluruh personal dari perusahaan agar para nasabah atau konsumen merasa puas dengan segala yang mereka butuhkan atau yang diterima. Hal ini sesuai dengan tujuan BMT PSU sendiri yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan menyediakan modal untuk usaha yang produktif dalam peningkatan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis manajemen pemasaran al-Murobahah dalam pencapaian tujuan BMT "Perdana Surya Utama" Malang. Dengan harapan nantinya bisa lebih meningkatkan operasional BMT PSU dalam pengembangan dan pemasaran produk- produknya. Penclitian ini merupakan penelitian Descriptive Qualitative Explorative dengan pendekatan fenomenologi. Untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran umum serta data-data tentang lembaga BMT PSU yang diteliti, peneliti mengadakan observasi dan studi dokumentasi serta mengadakan wawancara. Dan dengan menggunakan metode induktif penulis berusaha memaparkan gambaran umum tentang manajemen pemasaran, al-Murobahah, dan Lembaga Keuangan BMT Perdana Surya Utama Malang, dan metode deduktif untuk mengambil kesimpulan tentang manajemen pemasaran al-Murobahah yang berada di Lembaga Keuangan tersebut, yang kemudian untuk analisis yang lebih mendalam digunakanlah metode Descriptive Critical Analisis dalam menganalisa manajemen pemasaran al-Murobahah untuk mencapai tujuan BMT "Perdana Surya Utama" Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran al-Murobahah mempunyai peranan penting dalam pencapaian tujuan BMT "Perdana Surya Utama" Malang dalam memasarkan dan meningkatkan system operasional Murobahah untuk menggerakkan ekonomi umat Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada pengurus BMT "Perdana Surya Utama" Malang selalu terus berusaha mencapai tujuan dan cita-citanya untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarkat yang terbebas dari system bunga dan riba. Dan peneliti berharap kepada para peneliti selanjutnya dapat lebih mengembangkan penelitian ini sehingga bisa memberi kontribusi lebih dan demi kemajuan perekonomian Islam khususnya pada Lembaga Keuangan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 03 Nov 2024 03:11 |
Last Modified: | 03 Nov 2024 03:11 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4196 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |