Rifatillah, Fajar (2008) THE CONCEPT OF ADVERTISING ACCORDING TO ISLAMIC ECONOMICS (Literature Study). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Fajar Rif'atillah - HES - 2008)
Fajar Rif'atillah - HES - 2008.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Periklanan bisa menyesatkan dan memanipulasi pikiran manusia sehingga inereka percaya pada hawa nafsunya yang tidak terbatas. Hal ini tidak bisa disangkal lagi merupakan gerbang kepada gaya hidup konsumerisme. Sebenarnya tujuan dari periklanan bukan lain untuk memberikan pengaruh atau mungkin merubah perilaku konsumen sehingga mereka membeli produk tersebut. Pada hakikatnya, tidak ada yang salah dengan bisnis periklanan, akan tetapi ada beberapa aspek yang bertolak belakang dengan norma dan etika sosial, apalagi bila disandarkan kepada nilai dan norma agama seperti penyesatan, pembohongan dan penipuan dalam periklanan. Oleh karena itu, periklanan dalam ekonomi Islam harus dibangun atas nilai-nilai keadilan dan jaminan sosial sehingga tercipta suatu periklanan yang Islami yang bertujuan untuk memudahkan manusia dalam kehidupannya. Tidak diragukan lagi bahwa periklanan sangat penting dalam kehidupan manusia. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep periklanan dan mekanismenya menurut ekonomi Islam Penelitian ini adalah penelitian literatur dengan pendekatan normatif dengan berbagai data yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dengan mengunjungi perpustakaan atau sumber data lainnya dan kemudian dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deduktif untuk mendepkrifsikan konsep umum tentang periklanan. Metode induktif juga digunakan dalam membahas mekanisme periklanan. Adapun metode analisis dan deskripsi kontent digunakan untuk menyimpulkan konsep periklanan dalan ekonomi Islam. Maka, berdasarkan pada penelitian ini penulis bisa menyimpulkan pada konsep periklanan adalah suatu bentuk promosi yang dibayar oleh sponsor untuk memberikan informasi tentang produk (barang, jasa atau ide) kepada konsumen dengan berprinsipkan pada keadilan, jaminan sosial, legalitas dan profesionalitas dengan berkarakterisitikan kejujuran, produk yang halal, presentasi etika, tanggung jawab sosial, solidaritas dan coopetition. Poin penting lainya yang di bahas adalah mekanisme periklanan dalam ekonomi Islam adalah identifikasi target pasar, spesipikasi tujuan periklanan, menentukan. posisi pasar, persiapan dan penyusunan iklan, perkiraan dan penyusunan anggaran, pelaksanaan periklanan, pemilihan media periklanan, dan evaluasi. Perlu digaris bawahi bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna, terdapat banyak kekurangan dalam penelitian ini. Penulis berharap pada peneliti Muslim lainya. dapat melakukan kajian lebih dalam pada tema ini
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:39 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4229 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |