Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ نظرية التعليم الإنشائي (Constructivism في تعليم الدراسات الإسلامية للفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الحكومية الأولى - بنانكودانوا - كومان - فونوروكو السنة الدراسية : ۲۰۱۰ - ۲۰۱۱

Prastya, Fery (2012) تنفيذ نظرية التعليم الإنشائي (Constructivism في تعليم الدراسات الإسلامية للفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الحكومية الأولى - بنانكودانوا - كومان - فونوروكو السنة الدراسية : ۲۰۱۰ - ۲۰۱۱. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Fery Prastya - PAI - 2012)
Fery Prastya - PAI - 2012.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (147MB)

Abstract

Kualitas pembelajaran materi PAI tergantung pada strategi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran, maka teori pembelajaran Konstruktivisme dapat membantu guru dalam menyelesaikan segala permasalahan dalam belajar mengajar sehingga hasil pembelajaran dapat tercapai secara baik dan benar. Materi pembelajaran di SMP N 1 Kauman telah berusaha untuk menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam Proses belajar mengajar tetapi yang menjadi permasalahan adalah guru PAI kurang mampu menerapkan teori pembelajaran Konstruktivisme dalam proses pembelajaran serta peserta didik kurang terbiasa dan merasa kesulitan dalam menerapkan teori pembelajaran Konstuktifisme dalam PBM. Adapun Tujuan yang ingin dicapai penulis dari pembahasan ini adalah: (1).Mendeskripsikan implementasi teori pembelajaran Konstruktivisme dalam materi PAI pada kelas VIII di SMP N 1 Kauman. (2) Mendeskripsikan foktor pendukung dalam implementasi teori pembelajaran Konstruktivisme dalam materi PAI pada kelas VIII di SMP N 1 Kauman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Teknik observasi partisipasi pasif (Passive Participation), untuk memantau implementasi teori pembelajaran Konstruktivisme dalam materi PAI pada kelas VIII di SMP N 1 Kauman dan faktor penghambat dan pendukungnya. (2). wawancara, untuk menanyakan kepada guru dan Peserta didik tentang implementasi teori pembelajaran Konstruktivisme dalam materi PAI pada kelas VIII di SMP N 1 Kauman dan faktor pendukungnya. (3) Teknik dokumenter, untuk mendapatan data-data tentang gambaran sekolah secara umum. Sedangkan analisis datanya adalah analisis data Model Miles dan Huberman yang mencakup tiga langkah dalam peneltian yaitu reduksi data, display/penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: 1. Implementasi materi PAI dengan teori pembelajaran Konstruktivisme untuk membuat pengajaran dan pembelajaran menyenangkan bagi murid, dan membangkitkan kemauan belajar yang nyata serta misi belajar yang bermakna dalam pelaksanaannya dengan langkah-langkah ini: 1). keterampilan guru dalam memulai pelajaran seperti mengaitkan pelajaran yang lama dengan pelajaran yang baru, memberikan wawasan tentang inti pelajaran baru kepada peserta didik. 2). Keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran seperti menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, membentuk pengetahuan materi PAI yang berarti dalam kehidupan pelajar, memberikan kesempatan belajar pelajar dan membekalinya untuk menemukan gagasan, pandangan, strategi mereka dalam PBM, memberikan kesempatan bertanya, dan mengambil kesimpulan dalam pandangan belajar mereka. 3). Membentuk miliu pembelajaran yang efektif dengan memberikan tugas-tugas kelompok dan individu untuk menganalisa masalah-masalah dalam pelajaran, dengan membentuk murid untuk saling membantu dalam menganalisa tugas-tugas mereka. 2. Adapun faktor pendukungnya adalah: 1). Kemampuan guru dalam memilih materi sesuai dengan kemampuan siswa, 2). Adanya sarana dan media pengajaran yang memadai, 3) Motifasi siswa dalam belajar dan kesemangatan guru dalam mengajar 4). Pengaturan kelas dengan baik, dan 5). Standart kemampuan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada: (1) Sekolah: untuk berusaha meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan Materi PAI berdasarkan teori pembelajaran Konstruktivisme. (2). Guru: (a). Selalu berusaha untuk menguasai bahan ajar, mengetahui psikologis siswa, taraf kemampuan siswa, serta keadaan siswa. (3). Siswa: Membiasakan diri untuk belajar dengan menggunakan teori pembelajaran Konstruktivisme. Dan akhirnya, penulis menyadari bahwa penelitian ini sangatlah terbatas, dibutuhkan penelitian yang lebih luas lagi dalam tema ini, dan harapan penulis agar peneliti selanjutnya mampu memperluas pembahasan tentang pendidikan Agama Islam, sehingga pendidikan PAI semakin membaik dan tercipta baldatun toyyibatun wa robbun ghofur, Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:08
Last Modified: 05 Nov 2024 02:08
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4243

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item