Mudrikah, Siti (2007) آثار تنفيذ مزيج التسويق في ترقية تسويق الإنتاج دراسة حالة تلازمية في بيت المال و التمويل مادين" بمدينة سراكين سنة ٢٠٠٧). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Siti Mudrikah - HES - 2007)
Siti Mudrikah - HES - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Marketing Mix adalah suatu kumpulan alat-alat yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mempengaruhi penjualan. Marketing Mix merupakan faktor yang meliputi dimensi kompetitif yang dikuasai dan dapat digunakan oleh perusahaan / produsen / manajer pemasaran untuk mempengaruhi permintaan konsumen atau pasar terhadap produk yang dihasilkan. Pada prinsipnya, variable marketing mix terdiri atas produk, harga, saluran distribusi (tempat) dan promosi. Setiap variable marketing mix memiliki pengaruh terhadap proses pemasaran secara keseluruhan. Dari pengamatan awal yang dilakukan peneliti dan dari dokumentasi yang didapatkan, diketahui bahwa ada pengaruh dari pelaksanaan marketing mix terhadap peningkatan pemasaran produk di BMT MADINA Sragen, antara lain: bertambahnya nasabah baru setiap tahunnya, meningkatnya penjualan produk setiap tahun, dapat mengendalikan atau mengontrol pemasaran produknya dan dapat dengan mudah menjaring nasabah-nasabah baru. Maka dengan adanya hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui pelaksanaan marketing mix dan besarnya pengaruh pelaksanaan marketing mix di BMT MADINA Sragen. Berdasarkan latar belakang di atas agar penelitian ini tidak melebar maka penelitian dibatasi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan marketing mix dan pengaruhnya terhadap peningkatan pemasaran produk di BMT MADINA Sragen serta sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan pemasaran produk tersebut. Jenis penelitian ini adalah termasuk ke dalam penelician kasus dengan pendekatan fenomenologi, dengan mengambil sample sebanyak 25 responden dari keseluruhan jumlah nasabah dan pegawai BMT sebagai populasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara berpikir deduktif dan dilanjutkan dengan metode analisis statistik korelasional adapun pengujian tingkat pengaruh metode marketing mix terhadap peningkatan pemasaran produk dengan menggunakan tekhnik korelasi product moment, dan untuk pengujian hipotesis yang diajukan digunakan teknik "t" hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pelaksanaan marketing mix dengan peningkatan pemasaran produk mempunyai hubungan yang signifikan. Metode marketing mix dengan 4 variabelnya yang digunakan oleh BMT MADINA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemasaran produk BMT MADINA dengan bertambahnya nasabah baru setiap tahunnya. Dan dalam pembuktian hipotesis yang diajukan didapatkan nilai "t" hitung sebesar 3.52 dengan tingkat signifikan 5% dan derajat kebebasan 23, sedangkan nilai "t" pada tabel sebesar 2.07. Maka "t" hitung lebih besar dari "t" tabel, dengan demikian Ho ditolak. Berarti metode marketing mix berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemasaran produk di BMT MADINA. Bahasan sederhana yang dituangkan dalam sebuah penelitian lapangan ini masih dirasakan banyak kekurangan yang belum penulis bahas. Sehingga penulis mengharapkan semoga dengan ini timbul minat dari penulis selanjutnya yang lebih mampu memecahkan berbagai kekurangan yang terdapat dalam bahasan ini. Akhirnya semoga Allah senantiasa membantu dan memudahkan bagi kita semua jalan keberhasilan dan jalan keselamatan untuk meraih masa depan yang berbarokah, InsyaAllah. Amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 380 - Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4292 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |