Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Analisis Faktor Media Massa Terhadap Keberhasilan Komunikasi Pembangunan Dalam Penataan dan Pembinaan PKL di Kota Surakarta

Pramono, Muhamad Fajar (2016) Analisis Faktor Media Massa Terhadap Keberhasilan Komunikasi Pembangunan Dalam Penataan dan Pembinaan PKL di Kota Surakarta. Analisis Faktor Media Massa Terhadap Keberhasilan Komunikasi Pembangunan dalam Penataan dan Pembinaan PKL di Kota Surakarta, 06 (02). pp. 82-97. ISSN 2088-3706

[img] Text (Jurnal)
3- Jurnal Otoritas, Oktober 2016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (reviewer)
Reviewer Analisis Faktor Media Massa.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (plagiarism)
Plagiarism Analisis Faktor Media Massa.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Berbicara soal pedagang kaki lima (PKL) dan penertiban dalam tataran implementasinya bagaikan benang kusut yang tak ada ujungnya dan selalu saja ada perlawanan Peristiwa semacam ini terjadi dihampir seluruh daerah di Indonesia. Lain halnya penataan PKL di Surakarta, mereka dengan sukarela berpindah tempat berdagang ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah dilakukan secara damai dan tidak dengan cara kekerasan, dengan menaiki angkutan yang telah disiapkan Pemerintah Kota dengan arak-arakan yang panjang dan meriah. Mereka dengan sukacita menuju lokasi yang baru. Maka wajar jika fenomena tersebut oleh sementara pihak dipahami sebagai suatu keberhasilan komunikasi pembangunan Pemkot Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana peranan dan kontribusi media-massa atas keberhasilan komunikasi pembangunan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan mix-method dengan strategi eksploratoris sekuensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan dan kontribusi media massa terhadap efektivitas komunikasi Pemkot Surakarta (2005-2012) tidak begitu dominan, tetapi lebih terkait dengan solusi yang ditawarkan Pemkot Surakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: development communication; management; street vendor; city government
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Dr. Muhamad Fajar Pramono, M.Si
Date Deposited: 01 Jan 2020 03:12
Last Modified: 12 Jan 2020 02:51
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item