Zainudin, Mohamad (2012) تنفيذ خطوات هربارت في عملية التدريس للدراسة الإسلامية بكلية المعلمين الإسلامية بالمعهد العصرى باب السلام كرجو مجوراجو کابون ساری مادیون العام الدراسي ۲۰۱۱ - ۲۰۱۲. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Mohamad Zainudin - PAI - 2012)
Mohamad Zainudin - PAI - 2012.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (109MB) |
Abstract
Pondok Modern Babussalam adalah lembaga pendidikan Islam yang berjiwa Pondok Modern dan bermisi Islam. Pondok ini berkiblat kepada Pondok Modern Darussalam Gontor, baik dalam system pengajaran, kurikulum, system pendidikan, disiplin maupun pembinaan para santrinya. Adapun lembaga pendidikan dan pengajaran formal di pondok ini adalah Kulliyatul Mu'alimin Al- Islamiyah yang tujuan utamanya adalah mencetak guru-guru Islam yang potensial dan kader pemimpin bagi masyarakat yang berakhlak mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut setiap guru Pondok Modern Babussalam harus mengajar dengan sungguh-sungguh sesuai yang diarahkan dalam praktek mengajar yaitu dengan membuat satuan pengajaran yang sempurna dengan menggunakan metode atau langkah-langkah yang tepat, dan salah satu acuannya adalah langkah-langkah pengajaran Herbart. Langkah-langkah mengajar ini diajarkan kepada semua kelas enam dalam praktek mengajar. Namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan langkah-langkah pengajaran Herbart pada materi Dirosah Islamiyah sehingga hal ini perlu diklarifikasi dengan jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan langkah-langkah pengajaran Herbart di Pondok Modern Babussalam pada meteri Dirosah Islamiyah yang meliputi persiapan mengajar, appersepsi, penyajian pengajaran, korelasi pelajaran, kesimpulan dan evaluasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Angket digunakan untuk mendapatkan data pelaksanaan langkah langkah pengajaran Herbart. dalam proses pengajaran dalam materi Dirosah Islamiyah. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengajar dalam materi Dirosah Islamiyah yang berjumlah 28 orang, maka sampel populasinya adalah 28 orang. Dan untuk mengolah data-datanya, peneliti menggunakan metode persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah langkah pengajaran Herbart yang digunakan di Pondok Modern Babussalam meliputi persiapan mengajar, appersepsi, penyajian bahan, mengkorelasikan pelajaran, pengambilan kesimpulan dan evaluasi menunjukkan setengah dari pengajaran materi Dirosah Islamiyah selalu menggunakan langkah-langkah pengajaran tersebut, dan yang lainnya kadang-kadang menggunakan langkah-langkah pengajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada direktur KMI Pondok Modern Babussalam untuk meningkatkan pengelolaan pengajaran dan untuk semua guru agar selalu mendemostrasikan langkah-langkah pengajaran yang lebih baik, khususnya pada langkah-langkah pengajaran Herbart karena sesuai dalam mengajar khususnya pada materi Dirosah Islamiyah sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini jauh dari sempurna, masih terdapat banyak kekurangan dalam penelitian ini. Kepada peneliti berikutnya agar bisa menghasilkan penelitian yang lengkap dan mendalam seraya mengambil manfa'at dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 03:32 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4370 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |