Search for collections on UNIDA Gontor Repository

دور الترويج في رفع حجم المبيعات دراسة حالة في سوالایان "سوريا" فونورو کو سنة ١٤٢٦/٢٠٠٥)

Muchlisin, Muchlisin (2006) دور الترويج في رفع حجم المبيعات دراسة حالة في سوالایان "سوريا" فونورو کو سنة ١٤٢٦/٢٠٠٥). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Muchlisin - HES - 2006)
Muchlisin - HES - 2006.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyak yang berpendapat bahwa pemasaran itu hanyalah penjualan dan periklanan, tetapi pemasaran juga berarti memuaskan kebutuhan konsumen. Adapun penjualan terjadi hanya ketika produk telah di ciptakan. Sebaliknya, pemasaran di mulai jauh sebelum pemasaran memiliki produk. "Pemasaran adalah pekerjaan rumah yang harus di kerjakan menejer untuk menilai kebutuhan, mengukur tingkat dan intensitasnya, dan menentukan apakah ada peluang yang menguntungkan atau tidak. Pemasaran berlanjut selama hidup produk, berusaha mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen saat ini dengan meningkatkan daya tarik dan kinerja produk". Jadi, penjualan dan periklanan hanyalah bagian dari sesuatu yang lebih luas yaitu pemasaran. Maka dalam pemasaran perusahaan harus membuat strategi dan rencana agar pemasaran bisa menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Dan promosi adalah bagian dari pemasaran. Swalayan Surya adalah salah satu unit usaha dari Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) yang didirikan pada 10 september 1999. Yang menjadi dasar pendirian usaha ini adalah keadaan ekonomi muslim ponorogo yang lebih lemah dari non muslim dan hasil muktamar muhammadiyah di Aceh serta keputusan Ketua Umum Muhammadiyah No. 11 tahun 1997. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan promosi dalam meningkatkan volume penjualan di Swalayan Surya tahun 2005. Penelitian Ini adalah jenis Penelitian Derkriptif Quantitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dan Untuk mendapatkan data tentang Peranan Promosi dalam peningkatan volume penjualan peneliti menggunakan metode observasi, dan Quistioner atau angket. Sedangkan untuk mendapatkan data-data tentang Swalayan Surya, Pemasaran dan Promosi peneliti menggunakan dokumentasi. Dan dalam menganalisa data-data yang terkumpul peneliti menggunakan metode induktif dan deduktif, kemudian agar dapat menganalisa lebih akurat, peneliti menggunakan rumus prosentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Konsumen dari Swalayan Surya yang berdomisili disekitar perusahaan yang berjumlah sekitar kurang lebih 600 orang konsumen. Sedangkan sampelnya adalah 10% dari jumlah populasi yaitu sekitar 60 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada peranan yang signifikan antara promosi dan volume penjualan, hal ini ditunjukkan oleh prosentasi jawaban sampel sebesar 13,3%, dan data dari Swalayan Surya yang menunjukkan bahwa peningkatan biaya promosi tidak dibarengi dengan peningkatan volume penjualan yang signifikan. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti memberikan saran kepada pemilik perusahaan / pengurus Swalayan Surya untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran dan promosi untuk meningkatkan volume penjualan sehingga mampu mengembangkannya secara optimal. Demikianlah kesimpulan yang dicapai oleh peneliti, tetapi itu semua masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Maka diharapkan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya untuk dapat menyempurnakan dan meneliti yang lebih mendalam. Dan hanya dari Allah-lah inayah serta taufiq, Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 09 Nov 2024 04:28
Last Modified: 09 Nov 2024 04:28
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4379

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item