Nugroho, Wiwid Aditya (2012) أسس التجارة الإثنا عشر لتاو تشو كونك في نظر الإسلام. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Wiwid Aditya Nugroho - HES - 2012)
Wiwid Aditya Nugroho - HES - 2012.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Bisnis sudah menjadi bagian kehidupan orang Cina yang tidak dapat terpisahkan Hal ini pula yang menjadikan mereka sebagai salah satu sumber ilmu bisnis terpercaya karena kesuksesannya telah terbukti diseluruh dunia. Kesuksesan orang Cina yang hidup di abad modern bergantung kepada filosofi referensi, dan literatur-literatur klasik serta ajaran-ajaran para tokoh Cina kuno. Salah satunya adalah Tao Zhu gong yang mempunyai nama asli Fan li merupakan orang kepercayaan kaisar yue, yaitu Gou jian sekitar abad 500 SM. Tao Zhu-gong seorang ahli strategi militer yang mengundurkan diri dari kedudukan tinggi seorang perdana mentri untuk menjadi seorang pebisnis dan milyuner pertama di China. Karyanya yang terkenal adalah Kaidah emas keberhasilan Bisnis. Dalam penelitian ini, peneliti lebih berkonsentrasi dalam pembahasan mengenai 12 prinsip bisnis menurut Tao Zhu-gong. serta bagaimana 12 prinsip bisnis Tao Zhu-gong dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literatur yaitu sebuah penelitian yang menggunakan sarana buku yang berkaitan langsung dengan Tao Zhu-gong, dan sumber sekunder untuk mendukung sumber primer. Untuk menganalisis data-data yang terkumpul, penulis menggunakan metode dokumentasi dan metode pendekatan historis (Historical Approach) untuk memaparkan latar belakang kehidupan Tao Zhu-gong. Penulis menggunakan tekhnik analisis deduktif (Deductive Methode) menjabarkan pengetahuan umum ke khusus, analisis induktif (Inductive Methode) untuk menjabarkan pengetahuan khusus ke Umum, kemudian Analisis Kritis (Critical Content Analysis), agar dapat mengkritik 12 prinsip bisnis menurut Tao Zhu-gong dalam perspektif Islam. Pada akhirnya, penulis sampai pada kesimpulan bahwa 12 prinsip bisnis menurut Tao Zhu- gong terdiri dari kemampuan mengenal seseorang, kemampuan menghormati seseorang, kemampuan fokus terhadap bisnis, kemampuan menggorganisir, kemampuan bertindak tangkas dan fleksibel, kemampuan menagih hutang, kemampuan menempatkan SDM, kemampuan berbicara, kemampuan.unggul dalam pembelian, kemampuan melihat kesempatan, kemampuan menjadi contoh, kemampuan melihat ke depan. Sebagian dari 12 Prinsip Tao Zhu-gong telah mengandung nilai-nilai Islam diantaranya silaturahmi, menghormati sesama, istiqomah, menggorganisisr secara baik, tidak menunda pekerjaan, pembagian kerja, kejujuran, tawar menawar secara baik, pengaturan waktu, menjadi teladan yang baik, dan perencanaan yang matang. Adapun yang tidak sesuai dengan nilai Islam, karena tidak adanya nilai kerohanian dan ibadah, serta tidak ada toleransi terhadap hutang Dalam penelitian sederhana ini penulis mengakui masih jauh dari kesempurnaan, sehinggga penulis berharap kedepan adanya peneliti-peneliti yang membahas lebih jauh serta lebih baik dan lengkap mengenai bisnis. Akhirnya, semoga penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya juga bagi para pembaca umumnya
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:10 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4537 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |