Iqbal Faris, Muhammad (2017) نظام المدرسة على المنهج المتكامل Full day School) في تطوير انضباط الطلاب بالمدرسة الثانوية الحكومية الإسلامية "الإخلاص" مانترين كارنج رجو ماجيتان العام الدراسي ۲۰۱٦ - ۲۰۱۷ م. S1 Undergraduate thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
341111091-Full Skripsi.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (5MB) |
|
FILE TEXT
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (595kB) |
|
FILE TEXT
BAB 1.pdf - Published Version Download (571kB) |
|
FILE TEXT
BAB 2.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (758kB) |
|
FILE TEXT
BAB 3.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (806kB) |
|
FILE TEXT
BAB 4.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (453kB) |
|
FILE TEXT
COVER.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
FILE TEXT
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (399kB) |
|
FILE TEXT
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only Download (1MB) |
|
FILE TEXT
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Exclusive to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Perkembangan pada manusia menjadi lebih baik secara jasmani maupun rohani itu melalui proses pendidikan yang baik, karena pendidikan yang baik akan mengantarkan kepada perkembangan jasmani dan rohani yang baik. Para pelaku pendidikan dan orang tuaselalu mempersiapkanpendidikan anaknya dengan baik, maksimal dan optimal, dengan harapan kelak anaknya menjadi lebih baik. sekolah sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan, dengan berbagai program-program unggulan yang mampu meningkatkan dan mengembangkan kecakapan dan keterampilan peserta didik.Salah satu program yang menjadi unggulan ialah program pada sekolah yang bersistemkan sehari penuh bisa disebut juga Full day school. Sistem Full day schooladalah sistem sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran sehari penuh dari pagi hingga sore mengintegrasikan antara pendidikan agama dan umum dengan konsep dasar “Integrated-Activity” dan “Integrated-Curriculum”,memaksimalkan perkembangan aspek kognitif, afektif serta psikomotorik. Sistem Full day schooladalah sistem yang diterapkan di SMP IT Al-Ikhlas Mantren,maka untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day schooldi sekolah tersebut maka penulis mengambil judul ini dalam penulisan skripsi.Adapun tujuan daripenulisan skripsi ini ialah : 1)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day schooldi SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan 2)Untuk mengetahui bagaimana pengembangan kedisiplinan peserta didik sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sistem Full day school dalam pengembangan kedisiplinn peserta didik di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dekomentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai dasar pemikiran dan pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan teori miles dan hubermanyaitu reduksi data, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, displaydataataupenyajian datayaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilankesimpulan dari data yang terkumpul yaitu verifikasi data.Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa:1)Bahwa pelaksanaan sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren dengan menggunakan integrasi kurikulum Kementrian Pendidikan dengan kurikulum Kementrian Keagamaan. Dalam pelaksanaanya diisi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter peserta didik, tidak hanya dengan kegiatan akademik akan tetapi dengan kegiatan pembiasaan, kegiatan extrakulikuler seperti kepramukaan dan tahfidz Al-Qur’an.2)Dalam pengembangan kedisiplinan siswa di SMP IT Al-Ikhlas dengan menggunakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran dan kegiatan ektrakulikler. Mata pelajaran yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah Matematika, Bahasa Jawa dan Ilmu Pendidikan sosialsedangkan kegiatan yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah kegiatan Pembiasaan, Kepramukaan, dan Tahfidz Qur’an.3)Faktor yang mempengaruhi sistem Full day School dalam pengembangan kedisiplinan siswa SMP IT Al-Ikhlas, ialah sarana prasarana sekolah,lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu siswa, dan wali siswa.Dari hasil penelitian ini disarankankepada kepala sekolah dan wakil kepala kesiswaan dan kegiatanuntuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program dan kegiatan dalam Full day schoolsecara profesional dengan bekerjasama dengan guru ekstrakulikuler sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang positif
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 07:40 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:18 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/454 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |