Thesis Published

نظام المدرسة على المنهج المتكامل Full day School) في تطوير انضباط الطلاب بالمدرسة الثانوية الحكومية الإسلامية "الإخلاص" مانترين كارنج رجو ماجيتان العام الدراسي ۲۰۱٦ - ۲۰۱۷ م

Iqbal Faris, Muhammad
Abstract
Perkembangan pada manusia menjadi lebih baik secara jasmani maupun rohani itu melalui proses pendidikan yang baik, karena pendidikan yang baik akan mengantarkan kepada perkembangan jasmani dan rohani yang baik. Para pelaku pendidikan dan orang tuaselalu mempersiapkanpendidikan anaknya dengan baik, maksimal dan optimal, dengan harapan kelak anaknya menjadi lebih baik. sekolah sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan, dengan berbagai program-program unggulan yang mampu meningkatkan dan mengembangkan kecakapan dan keterampilan peserta didik.Salah satu program yang menjadi unggulan ialah program pada sekolah yang bersistemkan sehari penuh bisa disebut juga Full day school. Sistem Full day schooladalah sistem sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran sehari penuh dari pagi hingga sore mengintegrasikan antara pendidikan agama dan umum dengan konsep dasar “Integrated-Activity” dan “Integrated-Curriculum”,memaksimalkan perkembangan aspek kognitif, afektif serta psikomotorik. Sistem Full day schooladalah sistem yang diterapkan di SMP IT Al-Ikhlas Mantren,maka untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day schooldi sekolah tersebut maka penulis mengambil judul ini dalam penulisan skripsi.Adapun tujuan daripenulisan skripsi ini ialah : 1)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day schooldi SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan 2)Untuk mengetahui bagaimana pengembangan kedisiplinan peserta didik sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sistem Full day school dalam pengembangan kedisiplinn peserta didik di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dekomentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai dasar pemikiran dan pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan teori miles dan hubermanyaitu reduksi data, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, displaydataataupenyajian datayaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilankesimpulan dari data yang terkumpul yaitu verifikasi data.Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa:1)Bahwa pelaksanaan sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren dengan menggunakan integrasi kurikulum Kementrian Pendidikan dengan kurikulum Kementrian Keagamaan. Dalam pelaksanaanya diisi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter peserta didik, tidak hanya dengan kegiatan akademik akan tetapi dengan kegiatan pembiasaan, kegiatan extrakulikuler seperti kepramukaan dan tahfidz Al-Qur’an.2)Dalam pengembangan kedisiplinan siswa di SMP IT Al-Ikhlas dengan menggunakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran dan kegiatan ektrakulikler. Mata pelajaran yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah Matematika, Bahasa Jawa dan Ilmu Pendidikan sosialsedangkan kegiatan yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah kegiatan Pembiasaan, Kepramukaan, dan Tahfidz Qur’an.3)Faktor yang mempengaruhi sistem Full day School dalam pengembangan kedisiplinan siswa SMP IT Al-Ikhlas, ialah sarana prasarana sekolah,lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu siswa, dan wali siswa.Dari hasil penelitian ini disarankankepada kepala sekolah dan wakil kepala kesiswaan dan kegiatanuntuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program dan kegiatan dalam Full day schoolsecara profesional dengan bekerjasama dengan guru ekstrakulikuler sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang positif
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID454
Deposited03 Nov 2020 07:40
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

Export Citation