Thesis
Published
THE COGNITIVE SEMANTICS STUDY OF TEXT IN MUTHALA’AH BOOK FOR CLASS 5 ITTC (CASE STUDY ON “KHUTHBATU THĀRIQ QOBLA FUTŪHI AL-ANDALUSI”)
Abstract
Bahasa merupakan wujud totalitas antar sub-sistem. Karenanya, objek yang dikaji dalam
setiap studi bahasa adalah upaya identifikasi, analisis, dan korelasi lintas sub-sistem tersebut, yang
tujuan pokoknya adalah terciptanya kebermaknaan bahasa sebagai media komunikasi manusia,
baik antar individu, masyarakat dan antar budaya. Ilmu yang mempelajari tentang tata bahasa
tersebut disebut dengan ilmu bahasa atau linguistik. Linguistik merupakan ilmu pengetahuan
yang mempelajari mengenai sistem bahasa pada umumnya. Sebagai salah satu cabang linguistik,
semantik menjadi aktor utama dalam menggali dan mengurai ‘makna’ yang terdapat pada sistem
dan konstruksi bahasa beserta cabang-cabangnya. Semantik dalam studi bahasa Arab dikenal
dengan sebutan ‘ilm al-dilalah. Studi makna dalam bahasa Arab selalu berkaitan dengan bentuk
kata (lafadz), struktur (tarkib), dan konteks (siyaq) situasi dan kondisi. Oleh karena itu, dalam
‘ilm al-dilalah terdapat delapan teori tentang makna, salah satunya adalah al-nazhariyyah altashawwuriyyah (teori konsepsional) atau dikenal dengan sebutan semantik kognitif.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui
kalimat atau frasa yang mengandung semantik kognitif dalam teks “Khuthbatu Thâriq Qobla
Futûhi Al-Andalusi” beserta makna konteks yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka yaitu studi sastra
untuk mengumpulkan analisis dan pengumpulan data berdasarkan teori yang ditemukan dari
buku, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan data-data lain yang berupa karya literatur.
Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan metode introspeksi
untuk mengumpulkan data. Dan juga peneliti menggunakan 3 bentuk teknik untuk menganalisis
data yaitu metode padan extralingual untuk mengelompokkan kalimat yang mengandung
semantik kognitif dan menjelaskan rincian dari kalimat yang mengandung semantik kognitif,
teknik analisis isi untuk menganalisis makna konteks dari kalimat yang mengandung semantik
kognitif, dan teknik analisis matriks untuk mengelompokkan seluruh data yang telah ditemukan
sebelumnya dalam bentuk tabel.
Hasil dari penelitian ini adalah: ditemukan 23 kalimat yang mengandung semantik
kognitif yang memiliki jenis berbeda-beda, diantaranya 8 bentuk al-haqiqah al-lughawiyah,
1 bentuk al-haqiqah al-syari’iyah, 4 bentuk al-kinayah, 1 bentuk tasybih muakkad, 2 bentuk
majaz lughawy dengan jenis isti’arah tashrihiyyah, dan 7 bentuk majaz lughawy dengan jenis
isti’arah tab’iyyah. Dan juga peneliti menemukan 23 bentuk makna konteks yang memiliki
jenis berbeda-beda, diantaranya 1 bentuk panggilan (seruan), 1 bentuk pertanyaan (peringatan),
4 bentuk peringatan (ancaman), 4 bentuk peringatan (ketidakmampuan), 1 bentuk peringatan
(seruan), 6 bentuk perintah (seruan), 1 bentuk perintah (ketidakmampuan), 1 bentuk perintah
(ancaman), 1 bentuk larangan (seruan), dan 3 bentuk harapan (motivasi).
Berdasarkan penelitian ini, peneliti ingin memberikan saran: 1) proses pembelajaran dalam
bidang kebahasaan, khususnya linguistik bahasa Arab diharapkan dapat terus berjalan dengan
progres yang akan terus meningkat dari waktu ke waktu, terutama dalam bidang semantik
kognitif. 2) Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat untuk para mahasiswa yang ingin
meneliti bidang ini serta para santri kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor untuk
meningkatkan pemahaman dalam membaca cerita berbahasa Arab dan mengambil hikmahnya.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
Departmentpendidikan bahasa arab
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Item ID4563
Deposited25 Nov 2024 02:36