Suhada, Robi (2014) دوافع أولياء الطلبة في إدخال أولادهم بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة فونوروكو جاوى الشرقية. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Robi Suhada PAI 2014)
29.1.1.7081-Robi Suhada-(2014) - PAI.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (25MB) |
Abstract
Motivasi merupakan suatu kekuatan yang mendorong seseorang untuk berbuat. Hal tersebut membantu seseorang untuk menjadikan harapan dan tujuannya berhasil. Oleh karena itu motivasi merupakan dasar dalam pencapaian suatu tujuan. Orang tua menjadi peranan yang penting dalam meletakan dasar untuk membentuk pribadi anak. Dan anak membutuhkan motivasi untuk menuju hidup yang bahagia, sukses, dengan semangat yang tinggi. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan pondok yang terkenal sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia, dengan minat pendaftar setiap tahunnya mencapai 3000 pendaftar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur tahun 1435/2014, (2) Mengetahui hambatan orang tua dalam menyekolahkan anak di Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan 2 metode, yaitu: Metode Dokumentasi dan Metode Wawancara Analisis data yang di pakai mengacu pada Miles dan Huberman yaitu: Reduksi data, Display dan Analisis data, serta kesimpulan dan Verifikasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak di Pondok Modern Darussalam Gontor dibedakan menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Adapun motivasi intrinsik meliputi: a) Dorongan orang tua terhadap keinginan dan tekad anak yang kuat untuk belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor, b) Keinginan orang tua agar anak bisa belajar di luar negri setelah tamat belajar di Gontor, c) keinginan orang tua agar supaya anak dibekali keseimbangan ilmu agama dan ilmu umum untuk bekal menghadapi masa depan, d) Keinginan orang tua agar menjadi anak yang sholeh, e) Harapan orang tua agar anak bisa mandiri, dan memiliki kedewasaan, bertindak sesuai dengan memikirkan resiko positif dan negatifnya, f) Keinginan orang tua agar anak mempunyai jiwa kepemimpinan, melatih mental dan rasa tanggungjawab. Sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi: a) Dampak lingkungan luar yang negatif dan penomena lingkungan masyarakat yang sangat menghawatirkan, b) Pondok Modern Darussalam Gontor yang terkenal memiliki disiplin yang baik yang membiasakan anak untuk berdisiplin waktu dalam setiap kegiatan dan disiplin berbahasa Arab dan Inggris, c) Terinspirasi buku dan film "Negri 5 Menara" dengan melihat alumninya yang sukses, d) Biaya sekolah di Gontor relatif murah dibandingkan dengan sekolah lainnya. (2) Adapun hambatan yang dihadapi sebagian orang tua adalah sebagai berikut: a) Perasaan khawatir, takut terhadap anak yang belum bisa beradaptasi dengan lingkungan Gontor, b) Keinginan orang tua dan anak belum sepenuh hati untuk sekolah di pondok, c) Orangtua belum tega menyekolahkan anak di pondok, d) Jarak antara rumah dan pondok jauh, e) Masalah ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada orang tua agar. (1) mengikhlaskan anak dan menghilangkan rasa tidak tega dan kasihan agar anak merasa tenang belajar di pondok (2) Selalu memberikan teladan yang baik di setiap keadaan (3) mendoakan anak disetiap waktu untuk kesuksesannya Kepada Direktur KMI agar selalu menegakan disiplin pondok dan disiplin sekolah serta memberikan arahan dan nasehat tentang pentingnya menuntut ilmu di pondok. Kepada anak-anak agar belajar sungguh-sungguh di Pondok karena di dalamnya diajarkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum dan disiplin yang baik untuk membiasakan berdisiplin waktu dalam setiap kegiatan dan pekerjaan sehari-hari untuk bekal di masa depan. Kepada Peneliti yang akan datang agar meneliti lebih lengkap dan mendalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:42 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:42 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4581 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |