Arifin, Ahmad (2015) التربية القيادية في منظمة الطلبة بجامعة دار السلام كونتور فونوروكو العام الدراسي ٢٠١٤-٢٠١٥. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Ahmad Arifin PAI 2015)
32.1.1.9117 - Ahmad Arifin (2015) - PAI.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Manusia yang merupakan makhluk sosial sangatlah memerlukan pendidikan dan sosok figur pemimpin untuk menjalankan kehidupan sosialnya. Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia, yang mana dengan pendidikan manusia akan tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik lagi. Begitu pula dengan pemimpin, manusia sangat membutuhkan pemimpin guna mencapai tujuan kehidupan yang lebih baik. Kerena pentingnya pemimpin bagi kehidupan, Universitas Darussalam dengan segala aktifitas yang ada berusaha memberi peluang kepada seluruh mahasiswanya untuk melatih dan mengenbangkan diri menjadi seorang pemimpin bagi dirinya sendiri dan juga pemimpin bagi teman temannya. Adapun wadah yang diberikan Universitas Darusssalam ialah organisasi Dewan Mahasiswa. Universitas Darussalam mengharapkan dengan adanya organisasi ini, mahasiswa dapt belajar menjadi seorang pemimpin muslim mukmin yang berakhlak mulia, berbadan yang sehat, berpengetahuan luas dan juga berfikiran bebas. Melihat betapa pentingnya pendidikan kepemimpinan yang ada di Dewan Mahasiswa maka penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui bagimana pendidikan kepemimpinan yang ada di Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. 2. Mengetahui bagimana penerapan pendidikan kepemimpinan yang ada di Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam gontor. 3. Apasajakah permasalahan dalam pelaksanaan pendidikan kepemimpinan yang ada di Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, Metode yang peneliti gunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, adapun untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan teori Miles And Huberman yaitu data reduction, yang berarti peneliti merangkum, memilih hal hal yang pokok, memfokuskan kepada hal hal yang penting dicari tema dan polanya, dan display (penyajian data) yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan dari data terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Adanya pendidikan kepemimpinan di Dewan Mahasiswa, adapun model kepemimpinan yang ada di Dewan Mahasiswa yaitu model kepemimpinan transformasional 2. Penerapan pendidikan kepemimpinan di Dewan Mahasiswa tumbuh dari segala kegiatan yang ada seperti; kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan. 3. Permasalahn yang ada di Dewan Mahasiswa yaitu kurangnya kerjasama antara bagian dewan mahasiswa dan juga kurangnya rasa hormat antara anggota kepada pengurus Dewan Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada seluruah pengurus Dewan Mahasiswa untuk meningkatkan kerjasama yang baik antara bagian-bagian dewan mahasiswa (team work) agar anggota Dewan Mahasiswa lebih memiliki rasa hormat kepada pengurus Dewan mahasiswa, dan semua tujuan Dewan Mahasiswa dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 03:06 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 03:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4594 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |