Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير تكثيفية الطريقة التكليفية في تكوين شخصية القيادة لطالبات السنة الخامسة بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد التربية الإسلامية الحديثة دار السلام كونتور للبنات الثالث العام الدراسي ١٤٣٢ - ١٤٣٣هـ

Mufidah, Heny (2012) تأثير تكثيفية الطريقة التكليفية في تكوين شخصية القيادة لطالبات السنة الخامسة بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد التربية الإسلامية الحديثة دار السلام كونتور للبنات الثالث العام الدراسي ١٤٣٢ - ١٤٣٣هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Heny Mufidah - PAI - 2012)
Heny Mufidah - PAI - 2012.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (112MB)

Abstract

Fenomena-fenomena yang kita dapatkan pada zaman sekarang ini banyak pelajar yang mencoret-coret dinding, merusak pagar, berkelahi satu sama lain, bahkan mencontek ketika ujian, ini semua bukti kurangnya pendidikan mental dan akhlak dalam proses pendidikan dan pengajaran bangsa Indonesia. Maka Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan yang beroreintasi pada penyiapan kader pemimpin umat yang menerapkan metode penugasan dalam segala kegiatan ekstra kurikuler untuk pembentukan mental santriwati yang dilandasi dengan nilai, jiwa, dan falsafah Pondok Modern. Dari kenyataan tersebut peneliti ingin mengkaji tentang "Pengaruh efektivitas metode penugasan terhadap pembentukan mental siswi kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 Tahun Ajaran 1432-1433 H Penelitian ini untuk mengetahui antara lain (1) Efektivitas metode penugasan (2) Pembentukan mental Santriwati kelas 5. KMI (3) Adanya dan tidak adanya pengaruh antara efektivitas metode penugasan dalam pembentukan mental Santriwati kelas 5 KMI. Gontor Putri 3. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelatif. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi dari siswi kelas 5 KMI yang berjumlah 249 siswi, sampel diambil dengan teknik sampel acak berstrata atau stratified random sampling. Sampel diambil dari populasi sebanyak 25% yaitu 63 siswi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode antara lain: (1) statistik deskriptif yaitu untuk mengetahui pengaruh efektivitas metode penugasan dan pembentukan mental siswi kelas 5 KMI Gontor Putri 3; (2) korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara pengaruh efektivitas metode penugasan dalam pembentukan mental siswi kelas 5 KMI Gontor Putri 3. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dan diolah dengan korelasi Product Moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan koefisien determinasi, uji statistic "t". Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa, (1) Efektivitas metode penugasan baik sekali dengan nilai 1220 dengan prosentase 92,2% (2) Pembentukan mental baik dengan nilai 2436 dengan prosentase 85,9% (3) Terdapat pengaruh antara efektivitas metode penugasan dalam pembentukan mental siswi kelas 5 KMI yaitu dengan melihat th>t tabel atau t hitung 8,172 > t tabel 2,00 maka Ha diterima dan Ho di tolak dengan tingkat signifikasi 5%. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa efektivitas metode penugasan terhadap kelas 5 sangat berpengaruh terhadap pembentukan mental mereka, maka dari itu diharapkan kepada para guru untuk lebih memperhatikan dan menerapkan pelaksanaan metode penugasan di semua kegiatan, karena metode ini sangat penting dalam proses pembentukan mental siswi kelas 5 KMI. Dan di harapkan kepada penulis berikutnya untuk bisa kiranya menyempurnakan penelitian ini. Amin

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 07 Dec 2024 03:27
Last Modified: 07 Dec 2024 03:27
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4620

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item