Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ الاستراتيجية التعليمية المؤسسة على الخطوات الست (PQ4R) في مادة العقيدة لطلبة الفصل الأول التكثيفي بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة عام: ١٤٣٣/١٤٣٢.

HIDAYATULLAH, AGUS (2013) تنفيذ الاستراتيجية التعليمية المؤسسة على الخطوات الست (PQ4R) في مادة العقيدة لطلبة الفصل الأول التكثيفي بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة عام: ١٤٣٣/١٤٣٢. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Agus Hidayatullah - PAI - 2013)
Agus Hidayatullah - PAI - 2013.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (150MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu Pondok Pesantren terbesar di Jawa Timur yang mengajarkan 100% pelajaran agama dan 100% pelajaran umum. Dan salah satu pelajaran yang diajarkan di Pondok Modem Darussalam Gontor adalah materi Aqidah, yang merupakan pelajaran agama yang sangat penting. Dan supaya memudahkan guru Aqidah dalam pengajarannya, dan agar siswa tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar maka dibutuhkan kepiawaian guru dalam memilih dan menerapkan strategi belajar yang sesuai. Dan dari beberapa strategi belajar yang terkenal adalah stategi belajar PQ4R yang dikemukakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tahapan-tahapan mengajar Aqidah dengan strategi belajar PQ4R (2) mengetahui efektifitas peningkatan keaktifan siswa dengan penerapan strategi belajar PQ4R (3) mengetahui efektifitas peningkatan prestasi nilai siswa dengan penerapan strategi belajar PQ4R. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri, yang menggunakan metode gabungan dari Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: merancang, melaksanakan, mengamati dan merefleksikan tindakan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Pengamatan keaktifan belajar siswa, (2) Pengamatan terhadap prestasi belajar dan nilai rata-rata siswa, (3) Angket (4) Teknik Dokumenter, dengan Model Alir dari Miles dan Huberman, yang mencakup 4 langkah dalam penelitian, yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) Strategi belajar PQ4R dalam materi Aqidah terdiri dari 6 tahapan yaitu: Preview (membaca selintas dengan cepat), Question (bertanya), Read (membaca), Reflect (refleksi), Recite (tanya jawab sendiri), Review (mengulang secara menyeluruh). (2) Penerapan Strategi belajar PQ4R dalam materi Aqidah dapat meningkatkan keaktifan siswa dalan belajar, itu dapat dilihat dari kondisi kelas yang kondusif ketika proses belajar mengajar dan pendapat siswa yang menyatakan kesenangannya terhadap penerapan strategi ini (3) Penerapan Strategi belajar PQ4R dalam materi Aqidah dapat meningkatkan prestasi belajar dan nilai rata-rata siswa, yaitu pada siklus 1 rata-rata siswa hanya 5,4 dan setelah dilaksanakan strategi belajar PQ4R pada siklus 2 nilai rata-rata siswa menjadi 7,1 dengan peningkatan sebesar 1,7. Dengan presentase sebagai berikut: pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 45% atau hanya 17 siswa yang lulus, dan pada siklus 2 ketuntasan belajar mencapai 81,1% atau 30 siswa yang lulus dengan peningkatan sebesar 36,1%. Akhirnya, dengan penelitian ini penulis mengharapkan kepada pengajar Aqidah di Pondok Modern Gontor agar dapat menjadikan strategi belajar PQ4R sebagai salah satu strategi dalam pengajarannya untuk menghilangkan rasa kebosanan siswa dalam proses belajar mengajar, dan juga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa dalam belajar. Dan besar harapan penulis agar strategi belajar PQ4R ini dapat diterapkan oleh para guru pada materi-materi lain yang diajarkan di Pondok Darussalam Modern Gontor.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:53
Last Modified: 12 Dec 2024 01:53
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4637

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item