Subekti, Ahmad (2008) تأثير الفعالية نحو إنجاز تعلم طلبة الفصل الرابع بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام للتربية الإسلامية الحديثة كونتور فونوروكو العام الدراسي : ١٤٢٨ - ١٤٢٩. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Ahmad Subekti - PAI - 2008)
Ahmad Subekti - PAI - 2008 - 25115622.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (111MB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar mengajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasi dari proses belajar mengajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Untuk itu para ahli mengemukakan pendapatnya yang berbeda-beda sesuai dengan pandangan yang mereka anut. Untuk mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain: faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern), dan faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern). Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis sedangkan faktor yang berasal dari luar diri anak antara lain adalah faktor keluarga, sekolah, masyarakat dan sebagainya. Pondok Modern Darussalam Gontor dalam menjalankan pendidikannya terhadap para santrinya tidak monoton pada pembelajaran di kelas, ukan tetapi lingsungan yang melingkupi mereka sehari-hari merupakan perantara pendidikan yang paling efektif. Oleh sebab itu Pondok Modern Darussalam Gontor sengaja menciptakan kondisi yang sedemikian rupa untuk mendidik para santrinya, maka diadakanlah penugasan-penugasan. Dalam hal ini sebagian siswa kelas 4 KMi Pondok Modern Gontor mendapatkan kesempatan untuk merasakan penugasan ini dalam bentuk kepengurusan di asrama dan club olahraga. Banyaknya kegiatan yang mereka jalankan sebagai pengurus asrama dan club olahraga seringkali mengganggu belajar mereka dan hal ini berakibat negatif bagi hasil belajar mereka namun diantara mereka ada yang dapat mengatur waktu, tenaga dan fikiran dengan baik sehingga hal ini tidak terlalu mengganggu belajar mereka. Oleh dari itu, penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas 4 dalam kegiatan asrama dan club olahraga (sebagai pengurus), 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 4 yang aktif dalam kegiatan asrama dan club olahraga (sebagai pengurus), 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keaktifan para santri dalam kegiatan asrama ataupun club olahraga (sebagai pengurus) dengan prestasi belajar mereka di KMI Pondok Modern Darussalan Gontor Ponorogo. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa tekhnik pengumpulan data, yaitu 1) metode angket untuk mer getahui tingkat keaktifan para pengurus asrama dan club olahraga, 2) metod dokumentasi untuk memperoleh data santri dan nilai prestasi mereka. Adapun tekhnik analisis yang digunakan adalah tekhnik analisis korelasi "r" Product Moment dengan taraf signifikansi 5% Jengan menggunakan alat bantu Scatter Diagram. Jumlah keseluruhan populasi penelitian ini adalah 198 siswa, sedangkan sampel yang digunal an adalah 153 siswa yang ditetapkan peneliti dengan menggunakan tekhnik Disproportionate Ru.dom Sampling. Dari analisis statistik, didapat bahwa: 1) tingkat keaktifan siswa di asrama dan club olahraga secara umum berada dalam tingkat sangat tinggi (nilal rata-rata 39,8). 2) prestasi siswa yang aktif sebagai pengurus asrama dan club olahraga pada umumnya pada tingkat baik (nilai rata- rata 374). 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa di kegiatan asrama dan club olahraga (sebagai pengurus) dengan prestasi belajar mereka. Hal ini berdasarkan hasil uji "r" Product Moment 0,0326 pada taraf signifikansi 5%, lebih kecil dari nilai table 0,159. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berupaya memberi saran kepada bagian staff pengasuhan santri agar dalam pemilihan pengurus asrama dan club tidak hanya melihat kepada siswa yang berada di kelas atas saja. Dan peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya yang akan membahas masalah ini agar meneliti lebih dalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4640 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |