Search for collections on UNIDA Gontor Repository

نمط تربية الأقران المدبري الفصل الرابع على طلاب الفصل الرابع والثالث التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ

Mahendra, Benny Putra (2015) نمط تربية الأقران المدبري الفصل الرابع على طلاب الفصل الرابع والثالث التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Benny Putra Mahendra - PAI - 2015.)
Benny Putra Mahendra - PAI - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (115MB)

Abstract

Pondok modern Darussalam Gontor adalah lembaga pendidikan islam dengan system asrama, yang berorentasi pada bidang pendidikan dan pembentukan kader kader Umat, dengan memberikan penugasan diasrama sebagai pengurus rayon di Pondok modern Darussalam Gontor, yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali seluruh kegiatan santri agar terarah, pengurus rayon terdiri dari kelas IV dan V. siswa kelas IV yang menjadi mudabir dituntut untuk bisa mendidik temannya sendiri yang berasal dari kelas 3 intensif dan kelas 4. Yang mana saat itu anak-anak diusia ini menjadi lebih mudah emosional. Hal ini disebabkan adanya perubahan fisik dan hormon. Anak akan merasa cepat sedih, marah dan kadang sulit dikendalikan. Pada masa transisi itu, anak akan mudah dikendalikan oleh perasaannya daripada oleh pikiran yang realistis. Anak akan mengalami kestabilan berkat peran keluarga dan masyarakat. Yang pada akhirnya, hal tersebut mendorong remaja untuk menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) metode pengurus kelas 4 mendidik temannya dari kelas kelas 4 dan 3 intensif. 2) masalah-masalah yang timbul dalam mendidik mereka. 3) pola yang digunakan oleh mudabir kelas 4 dalam mendidik teman sebayanya. Penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif, metode penggumpulan data yang digunakan adalah: 1) metode wawancara (Interview method), digunakan untuk pengurus kelas 4 dalam mendidik dan juga pembimbingnya. 2) metode observasi (Observation method), untuk memantau pelaksanaan pendidikan sebaya dirayon. 3) metode dokumenter (Written Documentary), untuk mendapatkan data-data tentang gambaran pondok secara umum. Sedangkan analisis datanya mengunakan analisis data model Miles dan Huberman yang memiliki cakupan tiga langkah dalam penelitian yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion and Verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) metode pengurus kelas 4dalam mendidik anggota dari kelas dan kelas 4 dan 3 intensif dipondok modern Darussalam Gontor adalah dengan uswatun hasanah, saling memahami, dan adil dalam pemberian hukuman. 2) masalah yang sering timbul dalam pendidikan sebaya adalah peremehan dan gunjingan. 3) pola yang digunakan pengurus kelas 4 dalam mendidik para teman sebayanya dengan pola kepemimpinan demokrasi. Pada akhirnya, penulis mengharapkan kepada pengasuhan santri dan bagian keamanan untuk istiqomah dan meningkatkan metode dalam menanamkan karakter pada mudabir kelas 4. Juga pada pengurus kelas 4, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan memahami tujuan dan falsafah yang terkandung dalam tugas tersebut.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 15 Dec 2024 02:43
Last Modified: 15 Dec 2024 02:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4681

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item