Nor, Bahrain (2014) تأثير دوافع التعلم على إنجاز تعلم مادة التربية الإسلامية الطلاب السنة الثامنة بالمدرسة المتوسطة العامة الحكومية الأولى سیمان فونوروكو جاوا الشرقية السنة الدراسية ٢٠١٣-٢٠١٤. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Bhrain Nor - PAI - 2014 -)
Bhrain Nor - PAI - 2014 - 31118318.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (142MB) |
Abstract
Motivasi merupakan suatu hal yang mendorong seseorang untuk berbuat, hal tersebut membantu seseorang untuk menjadikan harapan dan tujuannya berhasil. Oleh sebab itu motivasi merupakan dasar dalam belajar, dan banyak faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, namun di antara faktor- faktor rohaniah siswa yang pada umumnya dipandang lebih esensial adalah motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik, karena motivasi merupakan kekuatan rohaniah yang dapat menggerakkan prilaku seseorang untuk melakukan tindakan belajar. SMP Negeri 1 Siman Ponorogo adalah salah satu sekolah di bawah pengawasan Dipertemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) yang sangat memperhatikan pendidikan agama kepada seluruh siswanya. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mengetahui motivasi belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Jawa Timur Tahun pelajaran 2013-2014. (2). Mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Jawa Timur Tahun pelajaran 2013-2014. (3). Mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Jawa Timur Tahun pelajaran 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan metode pengumpulan data, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Korelasi Kontingensi dengan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (df) 41. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 8 SMP 1 Siman yang berjumlah 171 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebagian siswa kelas 8 karena jumlah populasi lebih dari 100 maka sampel yang digunakan yaitu 43 siswa. Dari analisis dapat diketahui hasil penelitian adalah: (1). Motivasi belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Jawa Timur Tahun Pelajaran 2013-2014 adalah tinggi dengan nilai 49,441 berada di rentangan 47-60, (2). Prestasi belajar PAI siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Ponorogo Jawa Timur Tahun Pelajaran 2013- 2014 adalah sedang dengan nilai 6,39 berada di rentangan 4-6, (3).Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas 8 SMP Negeri 1 siman Ponorogo Jawa Timur Tahun Pelajaran 2013-2014, Hal ini ditunjukkan dengan nilai 0,707 lebih besar dari pada nilai "r" dalam tabel 0,3008. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti mengusahakan hal-hal sebagai berikut: (1). Kepada kepala sekolah untuk membimbing guru PAI agar lebih meningkatkan prestasi belajar anak didiknya,(2). Kepada Guru PAI agar meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman, Karena prestasi belajar mereka sedang yaitu (6,39).(3). Kepada seluruh siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Siman agar bersungguh-sungguh dalam ujian dan lebih memperhatikan dalam mempelajari pelajaran PAI sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 15 Dec 2024 02:58 |
Last Modified: | 15 Dec 2024 02:58 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4682 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |