Darwati, Darwati (2001) THE DECLINE FACTORS OF ISLAMIC EDUCATION IN THE MIDDLE AGES. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Darwati - PAI - 2001)
Darwati - PAI - 2001 - 17112255.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (82MB) |
Abstract
Pada abad pertengahan, Islam mengalami satu masa yang disebut sebagai masa kemunduran peradaban Islam. Dalam hal ini masyarakat Muslim sangat dirugikan oleh kehancuran sejumlah kekuatan imperium Muslim, kemunduran ekonomi, konflik internal agama, kebangkitan politik dan ekonomi Eropa serta dominasi cultural mereka sehingga membawa Islam kepada satu hal yaitu tidak berpikir lagi akan kemajuan Islam dan umatnya. Mereka meninggalkan pola pemikiran yang bersifat modern dan mereka menjalankan pola pemikiran yang bersifat tradisional yang hanya memperhatikan tentang kehidupan batiniah dan akhlak, sehingga mereka hanya berserah diri pada Allah SWT tanpa ada usaha untuk merubah dan membuat kemajuan peradaban dan pendidikan Islam karena mereka meyakini bahwa segala sesuatu hanya berjalan sesuai dengan kehendak Allah semata. Maka berpijak pada fenomena tersebut, yaitu tentang kemunduran pendidikan Islam, penulis tertarik untuk membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemunduran pendidikan Islam, khususnya pada abad pertengahan. Dalam pembahasan ini, penulis menggunakan metode deskriptif untuk memaparkan tentang pendidikan Islam secara umum dan abad pertengahan secara khusus serta faktor internal dan external yang mempengaruhi kemunduran pendidikan Islam tersebut. Dan penulis menganalisa data-data tersebut untuk mencari pengaruh masing-masing faktor terhadap kemunduran pendidikan Islam pada masa itu dengan metode analisis. Kemudian, berdasarkan analisa tersebut penulis menyimpulkan pengaruh yang dominan terhadap kemunduran pendidikan Islam dengan metode dedukatif. Akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa faktor Internal yang memicu terjadinya kemunduran pendidikan Islam pada abad pertengahan adalah penggunaan pola berpikir yang bersifat sufistis yang hanya memperhatikan aspek batiniah dan akhlak. Keadaan ini digunakan oleh Eropa untuk menngambil alih pengembangan peradaban pendidikan Islam untuk kehidupan dan kemajuan bangsa Eropa sendiri. Adapun faktor external yang mendorong terjadinya kemunduran pendidikan Islam adalah adanya pergolakan politik yang membawa Islam kepada kehancuran kekhalifahan Islam. Penulis berharap, semoga penelitian yang sederhana ini dapat menjadi penemuan keilmuan dasar untuk penelitian selanjutnya dalam hal "kemunduran pendidikan Islam pada abad pertengahan."
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 15 Dec 2024 03:39 |
Last Modified: | 15 Dec 2024 03:39 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4685 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |