Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تطبيق الجهاز التكنولوجيا في تعليم مادة الدراسات الإسلامية للسنة الأولى بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية ٢ ماديون العام ٢٠١١-٢٠٠١٢

Septiana, Dian (2011) تطبيق الجهاز التكنولوجيا في تعليم مادة الدراسات الإسلامية للسنة الأولى بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية ٢ ماديون العام ٢٠١١-٢٠٠١٢. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Dian Septiana - PAI - 2011.)
Dian Septiana - PAI - 2011.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (124MB)

Abstract

Penerapan media teknologi pada zaman sekarang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesian. Hal tersebut sebagaimana di terangkan pada UUD Sisdiknas Pasal 50 ayat 3 yang berbunyi Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk di kembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional". Dengan salah satu indicator: Menerapkan pembelajaran berbasis TIK pada semua mata pelajaran. Dengan adanya UU tersebut maka penerapan media teknologi menjadi salah satu tolak ukur dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dan sekolah MAN 2 adalah salah satu sekolah yang mempunyai motivasi dalam meningkatkan satuan pendidikannya terhadap jenjang satuan pendidikan bertaraf internasional dengan menggunakan cara penerapan media teknologi yang modern. Maka dari itu peneliti membahas tentang penerapan media teknologi dalam pembelajaran materi pai di kelas x man2 madiun tahun ajaran 2011/2012.. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui penerapan media teknologi dalam pembelajaran materi PAI di MAN 2 Madiun. 2). Mengetahui kendala penerapan media teknologi dalam pembelajaran materi PAI di MAN 2 Madiun. 3). Mengetahui pemecahan kendala penerapan media teknologi dalam pembelajaran materi PAI di MAN 2 Madiun. Penelitian ini adalah penelitian deskrptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: a). Teknik Observasi: dengan mengadakan pengamatan kepada guru yang mengajar materi PAI di kelas X. b) Wawancara: dengan mewawancarai langsung terhadap guru pengajar materi PAI di kelas X. c) Teknik Dokumenter: mendapatkan berkas-berkas dari materi yang telah di gunakan dalam pembelajaran materi PAI yang menggunakan media teknologi. Sedangkan analisis datanya adalah analisis data alir dari Milles dan Hubermen yang mencakup tiga langkah dalam penelitian, yaitu:reduksi data, display/penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa: (1). Penerapan media teknologi dalam pembelajaran materi PAI di kelas X dengan menggunakan perangkat LCD dan juga internet. Proses penerapannya adalah pemberikan tugas kelompok terhadap anak didik dengan mencari tambahan belajar dari internet lalu menyajikannya dalam bentuk power point dan memaparkan tugas kelompok tersebut kepada teman-temannya dengan menggunakan LCD. (2). Adapun kendalanya adalah memerlukan waktu yang lama dalam mempersiapkan materi yang akan dipaparkan, sehingga penerapan tersebut tidak bisa digunakan secara mendadak. (3). Pemecahani masalah tersebut adalah: semua guru yang mengampu materi yang sama, bersama-sama mempersiapkan materi ajar yang akan di ajarkan, seperti halnya dalam bentuk power point pada awal semester. Dari penelitian tersebut penulis mengharap kepada seluruh guru PAI di MAN 2 Madiun untuk selalu mempunyai persiapan dalam menerapkan media teknologi dalam pembelajaran Materi PAI di MAN 2 Madiun.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 15 Dec 2024 03:54
Last Modified: 15 Dec 2024 03:54
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4687

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item