Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تطبيق التعلم المؤسس على أنماط التعلم في درس المطالعة لطالبات الفصل الثاني F بمعهد دار السلام كونتور للبنات الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦هـ

Amaliyah, Dianita Elok (2015) تطبيق التعلم المؤسس على أنماط التعلم في درس المطالعة لطالبات الفصل الثاني F بمعهد دار السلام كونتور للبنات الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Dianita Elok Amaliyah - PAI - 2015)
Dianita Elok Amaliyah - PAI - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (110MB)

Abstract

Belajar merupakan perubahan tingkah laku, yakni yang ditandai oleh adanya sesuatu yang baru pada diri seseorang, entah itu berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, ataupun kecakapan. Belajar yang efektif dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar yang diharapkan. Diantaranya adalah memahami gaya belajar setiap anak yang unik yang meliputi 3 gaya belajar visual, auditori, kinestetik (versi Bobbi DePorter) yang dianggap salah satu yang paling efektif dan efisiendalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dari pembahasan ini antara lain: 1) Bagaimana aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar visual pada pelajaran Muthola'ah2) Bagaimana aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar auditori pada pelajaran Muthola'ah 3) Bagaimana aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar kinestetik pada pelajaran Muthola'ah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data menggunakan: angket, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang dipakai mengacu pada Miles dan Huberman yaitu: Reduksi data, Display dan Analisis data, kesimpulan dan Verifikasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa (1) aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar visual pada pelajaran Muthola'ah yaitu dengan menggunakan gambar pada proses pembelajaran untuk memudahkan dalam memahami dan mengingat pelajaran, menggunakan tulisan bewarna memudahkan dalam mengingat pelajaran dan lebih suka membaca. 2) aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar auditori pada pelajaran Muthola'ah yaitu mendengarkan penjelasan Guru dan lainnya, memggunakan variasi irama dan lagu, membaca dan menghafal dengan suara keras dan dari cara belajar tersebut memudahkan siswi dalam memahami dan mengingat pelajaran.(3) aplikasi pembelajaran berbasis gaya belajar kinestetik pada pelajaran Muthola'ah yaitu penjelasan pada pelajaran Muthola'ah dengan menggunakan gerakan khusus, belajar menggunakan mempraktekkan, merangkum atau menggambar apa yang dipelajarinya dan dari cara belajar tersebut memudahkan siswi dalam memahami pelajaran dan lebih suka dalam belajar. Berdasarkanhasil yang didapatdalampenelitianinimakadiharapbagi Pengajar Bahasa Arab untuk memahami gaya belajar anak dan menggunakan metode pembelajaran yang mengakomodir 3 (tiga) gaya belajar tersebut sehingga meningkat prestasi belajar mereka dan peserta didik dapat memahami dan mencerna dengan baik materi ajar dengan rasa senang tanpa rasa malas.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 15 Dec 2024 03:59
Last Modified: 15 Dec 2024 03:59
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4688

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item