Purnamasari, Elisa (2007) تنفيذ تربية العقيدة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة بسامبير جو مانجان تجاوى جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٢٧-١٤٢٨. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Elisa Purnamasari - PAI - 2007)
Elisa Purnamasari - PAI - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (121MB) |
Abstract
Pondok Modern Darusaalun Gontor Putri 1 untuk menerapkan faktor utama keberhasilan misi hatup yaitu untuk mencapsi kuridhosen Allah. Dalam mendidik santriwatinys guna menyelamatkan generasi Islam dari krisis aqidah Pondok Modem Darussalam Gontor Putri 1 menerapkan sistem pengajaran dan pendidikan dimgan Motto Pondok Modern dan Panca Siwa. Namun bagaimana Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 menanamkan pendidikan aqidah yang benar dengan sistem asrama, dan hal apa saja yang mendukung serta penghambat pelaksanaan pendidikan aqidah tersebut adalah sangat menarik untuk diheliti Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan aqidah bagi aantriwati yang ada di Pondok Modern Darussalam Contor Putri 1, dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang signifikan, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara, sehingga mendapat data yang jelas tentang pelaksanaan metode pendidikan aqidah di Gontor Putri 1, serta dapat mengumpulkan fiktor pendukung dan penghambatnya. Sedingkan untuk mengelolah data data tersebut peneliti menggunakan deskriptif analisis Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pendidikan Aqih di Pondok Modern Durussalam Gontor Putri 1, bersumber dari Al-qur'an dan Al-hadits. Dan pendidikan aqidah. terschut guna mencetak mar'ah sholihah, muslimah, mu'minah. Dulam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor pendukung keberhasilannya, yaitu adanya pembimbing dan pengurus yang mempunyai qudwah khasanah, rub keikhlasan dan tanggung jawab yung besar dalam menanamkan pendidikan aqidah yang mencakugi semua karakter dipondok dan semua macam genakan yang ada didalamnya, alanya sistem asrama dan peraturan yang harus ditaati, mu'anmalah yang baik antara santriwatinya, pengarahan dari bapak direktur dan bapak pengasuh serta wali kebas, kegiatan yang bermanfaat, suatu kurikulum yang lengkap antara kegiatas akademik dan non akademik. Adapun beberapa hambatan pelaksanaanya adalah ritme kehidupan Pondok Modern Gontor yang serba cepat dan metode yang sering digunakan adalah metode pujian dan hukuman, namun dalam kenyataanya metode hukuman lebih dominan daripada metode pujian itu sendiri. Kurang adanya kesadaran pada diri santriwati, anak-anak yang tidak betah atau bukan keinginan mereka urmak belajar diposdok, serta buku-buka bacaan kurang selektif dalam memiliknya sebelum dibaca oleh anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap agar seluruh pihak yang terkait dengan mobilitas pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1; pars eu, wali kelas, pembimbing kamar, pembimbing rayon, pembimbing konsulat dan rayon agar mengevaluasi efektifitas setiap kegiatan yang berbasis pada aqidah, apalagi untuk menganh pada akhlak terlebih dahulu meluruskan aqidah anak-anak dan jugs untuk mengoptimalkan diri, dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Dan untuk seluruh santriwati Guntor Putri 1, untuk menambah kekhusyu'an dalam mengerjakan semua kegiatan yang ada, lebih bertanggung jawab peda dirinya sendiri maupun pada orang lain, dan semangat dalam mangerjakan semua kegiatan yang ada dipondok.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:18 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:18 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4693 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |