Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ التربية الخلقية بالمدرسة المتوسطة الإسلامية المتكاملة دار التقوى جنانجان فونوروكو العام الدراسي: ٢٠١٥/٢٠١٤ م

famatullah, Fahma (2015) تنفيذ التربية الخلقية بالمدرسة المتوسطة الإسلامية المتكاملة دار التقوى جنانجان فونوروكو العام الدراسي: ٢٠١٥/٢٠١٤ م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Fahma Ismatullah - PAI - 2015)
Fahma Ismatullah - PAI - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (121MB)

Abstract

Dalam ajaran Islam, akhlak menempati kedudukan yang amat penting, dimana akhlak yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW meliputi akhlak terhadap Allah SWT, akhlak sesama manusia, dan akhlak manusis terhadap lingkungannya. Dengan ketiga akhlak tersebut, diharapkan manusia memiliki keimanan Man ketakwaan yang kuat sehingga terciptalah kebahagiaan dan an di dunia dan di akhirat. Untuk pendidikan akhlak harus Kesejahtraan diajarkan sejak sejak usia dini, terutama pada masa usia sekolah. Namun kenyataan yang ada sekarang, banyak anak yang perilakunya belum mencerminkan akhlak islami. Sekolah sebagai salah satu dari tri pusat pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan pendidikan akhlak bagi anak dislik. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Darut Taqwa merupakan salah satu lembaga pendidikan di Jenangan Jenangan Pumorogo yang sangat memperhatial akan pembinaan akhlak para anak didiknya. Hal ini terlihat dari banyaknya program pembinaan akhlak yang diterapkan di sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kegiatan-Kegiatan yang menerupakan pendidikan akhlak di SMP IT Darut Taqwa Jenangan Ponorogo. 2) Metode-metode yang menerapakan pendidikan akhlak di SMP IT Darut Taqwa Jena a Jenangan Ponorogo. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan akhlak di SMP IT Darut Taqwa Jenangan Ponorogo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu: (1). Metode interview, digunakan untuk mendapatkan data tentang penerapan pendidikan akhlak di SMP Metode observasi Darut Taqwa Jenangan Ponorog orogo (23 digunakan untuk n mengumpulkan data tentang penerpan pendidikan akhlak di SMP IT Darut Taqwa Jenangan Ponorogo (3) Metode dukumenter, untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan SMP IT Darut Taqwa Jenagan Ponorogo. Sedangkan dalam menganalisa data, penulis menggunakan "analisa modelaril" dari Miles dan Huberman yang meliputi empat lang gkah, yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil I per penelitian menunjukan bahwat (1) Kegiatan-kegiatan yang menerapkan pendidikan akhiak di SMP IT Dana Taqwa Jenangan Ponorogo duntaranya: Halaqoh Tarbawiyah, Tahuin Alquran, Tahfidz, Latihan Pidato, Kepramukaan, Keputrian, Kursus Matematika dan Bahasa inggris, Sanggar Tari, study tour. (2). Metode yang menerapkan pendidikan akhlak di SMP IT Durst Taqwa Jenangan Ponorogo diantaranya: Metode kurikuler dan Ekstrakulikuler. (a). Metode kurikuler yang berlangsung dalam proses belajar mengajar dikelas, melalui p penyampaian materi pelajaran yang berhubungan dengan pendidikan akhlak, metodenya meliputi: metode ceramah, metode keterampilan, metode diskusi dan metode Fungsi. (b) Metode Ekstrakulikuler, yang diselengggarakan di luar kelan sebagai tambahan dan pelengkap pendidikan akhlak secara kurikuler, sedangkan metode pendidikan akhlak ekstrakulikuler meliputi: Metode ceramah. Seni Permainan, dan Study Tour. (3) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan akhlak diantaranya: Halaqon Tarhawiyah, Tahfide, Tainin Al-Quran, adanya masjid, adanya perpustakaan, adanya lingkungan yang baik, sekolah dibawah naungan pesantren, Dorongan yang kuat dari para guru. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: latar belakang siswa yang beda sukat, peremehun dari siswa ketika sesudah liburan, masih adanya dari wall murid berbeda-b yang kurang paham tentang pendidikan yang diterapkan di sekolah, kurangnya prasarana yang mendukung dalam penerapan pendidikan akhlak. dan Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran: 1) kepada kepala sekolah agar mempertahankan apa yang telah dicapai dan mengembangkan metode yang berkenaan dengan penerapan pendidik kan akhlak. 2) kepo 2) kepada para guru agar mendidik para anak anak didik dengan berbagai kegiatan yang dapat mengembangakan akhlak mereka. 3) kepada para siswa agar mengikuti segala kegiatan yang ada di SMP IT Dana Taqwa Jenangan Ponorogo dalam penerapan akhlak sampai mempunayai "akhlakad kurimah dalam kegiatan sehari hari.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:00
Last Modified: 18 Dec 2024 04:00
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4703

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item