Shodiq, Fajar (2011) استراتيجية تعليم العبادة القولية والعملية للطلاب المرشحين بمعهد دار السلام كونتور الثاني للتربية الإسلامية الحديثة بما دوساري سيمان فونوروكو السنة الدراسية: ١٤٣١-١٤٣٢ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Fajar Shodiq - PAI - 2011)
Fajar Shodiq - PAI - 2011 - 27116495.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (111MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Dua adalah salah satu cabang Pondok Modem Gontor. Pondok Gontor Dua menjadi d dasar dan tempat persiapan bagi calon pelajar. di Pondok Modern Gontor Dua mereka mempersiapkan diri mereka untuk Darussalam Calon pelajar menghadapi u ujian masuk. Mereka mempelajari beberapa materi yang berkaitan dengan ujian masuk KMI Gontor. Diantara materi tersebut yaitu I'badah Qouliyah dan I'badah A'maliyah. Sehingga I'badah Qoulyah dan I'ba badah A 'maliayah menjadi salah satu syarat untuk menjadi santri Gontor. Dikarenakan sempitnya waktu dalam meng menghada adapi ujian masuk maka Pondok Gontor Dua memfokuskan pembelajaran Ibadah Qouliyah rah dan dan A'maliyah A bagi i calon pelajar dengan harapan mereka mengusai materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengung ekapkan strategi yang digunakan dalam pembelajaran ibadah qouliyah dan fi'liyah bagi calon pelajar ibadah dan 2. untuk menjelaskan pelaksanaan strategi pembelajaran ibadah qouliyah dan ibadah fi'liyal fi'liyah bagi calon pelajar mpulan data yang digunakan Penelitian adalah ini bersifat Deskriptif Kualitatif, teknik pengump 1. teknik observasi partisipasi sedang(Moderate Par derate Participat tion), untuk memantau pelaksanaan strategi pembelajaran ibadah qouliyah dan fi'liyah bagi calon pelajar. 2. wawancara, menanyakan kepada guru fiqih dan calon pelajar tentang strategi pembelajaran. 3. untuk menanyak Teknik dokumenter, untuk mendapatar ndapatan data-data tentang gambaran pondok secara umum. Sedangkan analisis datanya menggu ggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang mencakup tiga kesimpulan/verifikati. langkah dalam peneltian yaitu redaksi data, display/penyajian data dan d kes Duri analisa data yang dilakukan, ditemukan bahwa: (1), strategi yang bahwa: (1). strategi yang digunakan dalam pembelajaran ibadah qouliayah dan fi'liyah yaitu: : (n) yaitu: 1) strategi pengorgan asian ian pembela pembelajaran, menentukan materi. 2) menentukan pokok-pokok materi. (b). strategi penyampai paian materi, 1) menggunakan berbagai metode, 2) menggunakan berbagai media pembelajaran, 3) yaitu: 1) mengguna can berbagai teknik mengajar. (c). strategi pengelolaan belajaran: 1) memberikan a pembe motivasi 2) memberikan pet belajar 3) men menimb bulkan penampilan siswa. (2). Pelaksanaan strategi tunjuk tersebut melibatkan seluruh komponen didalam kelas, pembelajaran pembelajaran. Pelaksanaannya a dilakukan :(a) pembelajaran fiqih, yaitu in yang dilakukan sesuai dengan metode peml dengan: 1) metode experiment 2) metode diskusi, 3) metode sosiodarma. (b). diluar kelas yaitu dengan pembaj kartu hafalan dos-dos dan bacaan shalat, mewajibkan mereka untuk menghafal baglan lain, melihat praktek ibadah melalui audio visual dengan harapan mereka dapat kepada guru yang melaksanakan ibadah fi'liyah dengan baik dan baik dan benar. Pada akhirnya, penulis menyarankan kepada seluruh pengajar materi fiqih agar memperhatikan strategi pembelajaran paikan mereka dalam menyampa Phadah goulivah dan ibadah fi'liyah agar memudahkan pelajaran yang diujikan ketika ujian masuk khususnya dan peningkatan tantang ibadah umumnya, kepada g guru figh agar memperhatikan strategi pembelajaran yang telah dirumuskan dan menggunakan metode mengajar yang benar. Dan bagi para calon pen pelajar agar lebi dan dan sunggiah sunggal sungguh dalam mempelajari ibadah qouliyah dan ibadah a'maliyah serta mempraktekkannya dalam ko kehidupan sehari-hari. Dengan pembahasan yang sederhana i ini, diharapkan n pembahas yang berikutnya untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang strategi pembelajaran ibadah qoliyah dan fi'liyah bagi calon siswa dan cara mengatasinya za pendidikan manapun.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:29 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4706 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |