Muhajir, Farid (2014) منهج التربية والتعليم عند حزب التحرير. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Farid Muhajir - PAI - 2014)
Farid Muhajir - PAI - 2014 - 3118591.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (98MB) |
Abstract
Negeri-negeri muslim mengalami krisis generasi. Hal ini disebabkan karena sistem pendidikan sekular materialistik yang diterapkan. Sistem pendidikan ini telah menghasilkan generasi yang lernah. Sosok-sosokseperti inilah yang telah menghantarkan kehancuran negeri-negeri Muslim ke dalam jurang kezaliman. Dan belum adanya kurikulum yang bebas dari pengaruh paham-paham sesat dan ketiadaan undang-undang yang disusun untuk diterapkannya kurikulum pendidikan islam yang tunduk pada Al- Quran dan As-sunnah. Oleh karena itu, menjadi penting bagi kaum Muslim pada umumnya dan generasi Islam pada khususnya untuk mendapatkan gambaran dari sistem Pendidikan Islam yang bersifat komprehensif-integral, yang dapat diterimasecara universal oleh umat manusia lainnya. Hizbut Tahrir salah satu gerakan politik tik yang membawa isu penegakan sistem pemerintahan Khilafah yang akan menerapkan sistem pendidikan islam yang komprehensif inte integral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pemahaman Hizbut Tahrir tentang pendidikan 2). Pengertian Hizbut Tahrir tentang Kurikulum Pengajaran Penelitian ini adalah penelitian literer dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif Untuk mempermudah d dan mendapatkan hasil yang valid dalam pembahasan ini, penulis menggunakan beberapa metode diantaranyal), metode dokomenter dalam pengumpulan data-data yang berkaitan dengan pemikiran Hizbut Tahrir tentang pengertian pendidikan dan kurikulum pengajaran. 2)Metode Deskriptif untuk untuk menggambarkan pemikiran dan penerapan kurikulum pendidkan di dalam pandangan Hizbut Tahrir.3)metode analisis deskriptif dalam menganalisa dan mengambil kesimpulan dari pemahaman Hizbut Tahrir tentang pengertian pendidikan dan kurikulum pendidikan mdu Dengan pembahasan yang singkat dan simple ini, penulis menemukan bahwa 1) Pendidikan Islam menurut Hizbut Tahrir ialah kegiatan yang tersusun atas dasar Akidah Islam yang bertujuan untuk membentuk kepribadian islam dan membekali masyarakat dengan ilmu dan tsaqafah yang berkaitan dengan hidup mereka. 2). Kurikulum Pendidikan menurut Hizbut Tahrir ialah ideology yang menjadi dasar bagi seluruh kegiatan pengajaran untuk membina kepribadian islami dan menyiapkan anak-anak muslim yang menguasai ilmu dan te tsaqafah untuk menyelesaikan masalah kehidupan dengan kepemimpinan Negara. Dari kajian yang relative singkat ini penulis berharap pada pemerintah Indonesia maupun negeri muslim lainnya untuk menyusun kurikulum pendidikan berdasarkan akidah islam untuk membina kepribadian islam dan menyiapkan anak-anak muslim dimasa mendatang. Dan juga kepada para guru dan pendidik untuk mengajarkan ilmu dan tsaqafah sebaik mungkin sesuai dengan sumber Al-Quran dan As-sunnah
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:16 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:50 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4712 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |