Naqiyah, Neni (2022) تأثير الأسئلة المبنية على مهارات التفكير العليا ) High Order Thinking Skill ( على نتيجة تعلم مادة اللغة العربية لطلبة الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية الخيرية كيلابيان بانتن العام الدراسي 2022 - 2023 م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Neni Naqiyah_PBA_2022)
41. Neni Naqiyah_Revisi.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH SOAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS AL-KHAIRIYAH KELAPIAN BANTEN TAHUN AJARAN 2022 2023-M Neni Naqiyah 402019128129 MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten adalah sekolah yang berpegang pada kurikulum 2013 dan diajarkan di dalamnya bahasa Arab. Madrasah ini juga mempunyai visi untuk membentuk generasi yang siap membangun negara melalui pendidikan. Oleh karena itu, para guru di sana telah berusaha dalam melaksanakan pengajaran dengan sebaik mungkin sebagaimana yang telah mereka susun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Namun, hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 di MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten masih rendah dan berada di bawah nilai KKM yang telah ditentukan sekolah dengan persentase 81,57% dari 38 siswa belum lulus. Hal ini dikarenakan pada proses evaluasi, guru belum memilih jenis evaluasi yang baik dan tepat yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa Arab dan tidak mampu mengasah otak mereka untuk berpikir, selain itu soal-soal yang digunakan guru untuk mengevaluasi pembelajaran masih menggunakan soal-soal yang berbasis Low Order Thinking Skill (LOTS) yakni hanya mengukur ingatan siswa (C1), pemahamannya (C2), dan penerapannya (C3). Berdasarkan pada permasalahan yang telah disebutkan maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh soal berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten tahun ajaran 2022-2023 M. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Group Design di mana pemilihan anggota kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara random dari populasi. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol, sedangkan jumlah populasinya adalah 40 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan dokumentasi, dan untuk analisis data dilakukan dengan uji non parametrik Mann Whitney dikarenakan data tidak berdistribusi normal namun homogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab dengan soal berbasis HOTS 0,001<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut, terdapat pengaruh soal berbasis HOTS terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten tahun ajaran 2022-2023 M. Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran, diantaranya: 1) penggunaan soal berbasis HOTS dapat diterapkan pada sub bab materi bahasa Arab untuk siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah. 2) penggunaan soal berbasis HOTS dikatakan layak untuk diuji coba lebih lanjut terhadap hasil belajar siswa pada materi lain untuk mengetahui pengaruhnya. Kata Kunci: HOTS, Soal Berbasis HOTS, Bahasa Arab, Hasil Belajar Bahasa Arab
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS, Soal Berbasis HOTS, Bahasa Arab, Hasil Belajar Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ardhian ahmad syakuro |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4720 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |