Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إستراتيجية التعليم العاطفية في تعليم مادة "الإسلام" بالمدرسة العالية محمدية الثالثة جينيس فونوروكو العام الدراسي ٢٠١٤-٢٠١٥

A, Khoirul Anam (2015) إستراتيجية التعليم العاطفية في تعليم مادة "الإسلام" بالمدرسة العالية محمدية الثالثة جينيس فونوروكو العام الدراسي ٢٠١٤-٢٠١٥. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Khoirul Anam A - PAI - 2015)
Khoirul Anam A - PAI - 2015 - 32119133.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (119MB)

Abstract

Strategi pendichajaas afektif pada unamaya menggakao simasi yang mengandeng "konflik wila", "dioma mons", "sitaasi problematis atau krits" yang mengharuskan siswa mengambil kepsuthoan berdasarkan nilai-nilai moral yang dianutnya dan semuanya menghadapkan siswa kepada "site" yang meminta rodni sivu Strategi Penbchjas Atif menang berbeda dengan strategi pembelajaran kognitif Om keterampilan. Afuktif berhubungan demgin nilai (valac), yong mulit ditkar, oleh sebab itu meryemgious kcoadanın seseorang yang tumbuh dari dalam diri sirku. Dalam hatasan tertentu memang afekal dapat mencul dum kejadian behaviwal, akan tetapi penilaiannya untuk sampai kepada kesimpulan yang bisa dipertanggungjawabkan membanchon hetelitian das observasi yang tertes menerus, dan hal ini tidaklah madah untuk dilakukan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peserspan strategi pembelajaran afektif pada pemlja peles Al-isem tu siswa dan siswi SMA malasumadiyah 3 jetis, 2) pelaksanaan evaluasi penchajaran pada mata pelajaran al-islam dengan menggunakan strategi pembelajaran afektif. Pada sekolah menengah atas mammodrysh 3 jetis pourogs.1) permasalahan yang diamkan dalam strateg pembelajaran afektif. Penelitian ini merupakan sikripal Metode pengumpulan data yang digunakan alalalc (1) Meur Waar, wink mesatyakan kepada anak murid dan pengajar tentang pembelajaran aktif dan juga evaluasinys hingga fakur pasukang dan pengasunya se mungah atas mehommadiyah 3 jetin prorogo. (2) Mesude Quervosi, yaitu di mana peneliti mengobonvisi kesden sekobh menengah atas muhammadiyah 3 jetis ponorogo, Seglustun-orgiatan yang berkaitan dengan sanogi pembelajaran afektif dan evaluasinya di sekolah menengah atas damadiyah 3 jela pasorogo. (3) Mnode Dotuventust, woak mendapatkan data-data suntong sandaran song ta nashanmadiyah 3 jetis pornogo. Sedangkan analisis data yong digunakan adalah Miler dan Habermas yang messeakup tiga langkah yaitu: Data Reduction, Date Diaplay, dan Periferation Doei lussil analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran afektif pada costa pelajaran al-islam di sekolah menengah atas muhammadiyah 3 jetis ponorogo adalah strategi pembelajaran sfektif dengan pengphungan beberapa modd yaita model konsiderasi (The consideration Model) dan model penhettian national (be rationale building roule) dan juga dengan model vaher clevification (2) evaluaal pembelajaran pada strategi pembelajaran afektif dalam muta pelajaran al-islam di sekolah menengah atas nadunamadiyah 3 jetis ponorogo menggunakan penilaian athenik dengan melihat 3 kompeteni. Yaitu: ajkompetensi sikap, yang memakai 3 instrumen yaitu dengan observasi dan jags perilaian diri dan bikutepotensi pengetahuan yang mengenakan iastrımın ses tertulis, lisan dan juga petugasan. Dun kompetensi yang senkhir adalah kompetensi keterampilan yang menggunakan instngsaen unjuk karja. Dan biasanyo evaluasi tersebut di jadikan menjadi satu ujian yaitu dalam ujian praktek, (3) Faktor penghant dain pescrapan stranogi penicinjaran aleksif dalam mata polajwan al-islam antara lain: a)Waku yong singkat bjAdanya Siswa yang kurang tertarik dengan poubelajaran afektif pada matu pelajaran al-islam, den condong ke pelajaran umum c)Kemampuan berfikir yong lumbat poda beberapa siswa dalam Punibelajaran afektif akan meapkibatkan kebingungan dalam bertikir asoara buss sentang masalah yang disajikan Kurangnya dukungan dari beberapa wall murid yang kurang tan temang proses pen in Berdasarkan hasil perelitian torsdbut, peneliti menyuraskan kepada 1) kepala sekolah dan para pengajar agar tetap menjaga hal-hal baik yang with dilaksanakan di sekolah menengah ata ahamiyah 3 jetis. 2) Pars pengajar apa memperluas pengetahuan mereka tentang hal-hal yang berkaitan dengan strategi pesibelajaran afektif dan evalsasinya, adtingga dapat menyesuaikan dengan kemampuan para maridya. 3) Para siswa dan siswi sekolah menengah as muhammadiyah 3 jetis aga mendalami posibelajaran ala pelajaran alishun dan dapat menerapkannya di dalam kehidqun sehari-hari. Dan seluruh pisak yang berkaitan dengan sekolah menengah atas mahemmadiyah 3 jetis agar lebih memperhatikan ke siswa dan siswi dalam menerapkan strategi pembelajaran afektit, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Dan ustak pouls selanjutnya, agar membahas lebih dalam lagi dari penulis sekarang

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 06 Jan 2025 01:40
Last Modified: 06 Jan 2025 01:40
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4985

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item