Hergastyasmawan, Angga (2014) تحليل العوامل المؤثرة في تعيين شراء المستهلك عن المنتجات الحلال دراسة حالة في المجتمع المسلم منطقة مونتيلان ما جيلانج سنة ٢٠١٤). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Angga Hergastyasmawan (2014) - HES)
31.3.3.908-Angga Hergastyasmawan (2014) - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (37MB) |
Abstract
Umat Islam dalam mengkonsumsi, tidak hanya sebatas membeli produk lalu sebatas mengkonsumsinya saja seperti halnya mayoritas penduduk agama lain. Akan tetapi umat Islam mempunyai pola khusus dalam mengkonsumsi. Pola konsumsi ini diatur dalam ajaran Islam myang disebut dengan syariat. Dalam syariat, tidak diperkenankan bagi kaum muslim untuk mengkonsumsi makanan manakala dalam makanan tersebut terkandung unsur haram. Di Indonesia sendiri dibentuklah lembaga khusus oleh Majelis Ulama Indonesia yang bertugas untuk mengkaji kehalalan sebuah produk y yang bernama Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obe -obatan dan Kosmetika (LPPOM-MUI). Kec. Muntilan, Magelang dengan mayoritas penduduk muslim dengan jumlah penduduk 67.974 dari 74.871 jiwa adalah beragama Islam, Maka sudah seyogyanyalah pola konsumsi mereka berpola Konsumsi Halal. Berdasarkan jumlah industri pangan yang terdaftar di Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang terdapat 16 Industri, dan dan 12 diantaranya sudah berlabel halal dan Kec. Muntilan merupakan tempat industri terbanyak yaitu 3. Ini menunjukkan bahwasanya adanya peningkatan produktivitas di industri tersebut, karena produknya terus menerus dikonsumsi. Maka terdapat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi penduduk muslim Kel. Muntilan dalam konsumsi mereka terhadap produk berlabel halal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar perhatian penduduk muslim Kec. Muntilan Magelang terhadap produk berlabel halal. Dan mengungkap apa sajakah faktor yang mempengaruhi merek mereka dalam memutuskan pembelian produk berlabel halal Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan atif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk muslim Kec. Muntilan kuantitatif dengan jum nlah h 1704 Kepa ala la Keluarga. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunak can Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 228 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Faktor dengan program SPSS19 sebagai alat analisis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya perhatian penduduk muslim Kec. Muntilan Magelang terhadap produk berlabel halal adalah besar dengan prosentase jawaban setuju dan sangat setuju dari pertanyaan yang berhubungan sebesar 91%, dan faktor-faktor or yang men empengaruhi dalam pembelian mereka adalah perhatian, merek, Istiqomah, Terjamin kehalalannya, informasi, Baiknya proses, ketaatan beragama, percaya terhadap kehalalannya, harga, keteguhan dalam membeli, tidak bersifat materialisme. Dan faktor yang terbesar adalah faktor Perhatian. Dari hasil penelitian ini diketahui karena perhatian adalah faktor terbesar dalam mempengaruhi penduduk muslim terhadap pembelian produk berlabel halal, maka penulis menyarankan kepada setiap produsen agar memperhatikan kehalalan produkya, dan agar mendaftarkan produknya kepada LPPOM-MUI untuk pencantuman label halal, karena perhatian konsumen sendiri terhadap label halal merupakan faktor yang terbesar.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam |
Depositing User: | 2024 Bagus Mahdiyin |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 02:42 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5533 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |