Mubarok, M. Husni (2014) THE INFLUENCE OF RELIGIOSITY ON BUSINESS ETHICS (Case Study at Great Mosque of Central Java Semarang Traders on 2014). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (31.3.3.8446 - M. Husni Mubarok (2014) - HES.pdf)
31.3.3.8446 - M. Husni Mubarok (2014) - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (37MB) |
Abstract
Aktivitus bisnis saat ini tidak dapat dilepaskan dari aspek eta Etika binis merupakan ponikin atau refleksi tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Moralitas berarti aspek baik dan bonk, terpegi sta tercela, namun bukan berarti etika dapat disamakan dengan moral. Karına pada dasarnya etika dan moral adalah sesuatu yang berbeda akan tetapi memiliki ketergantungan satu sama lain. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dilakukan mamnis terhadap kegiatan ekonomi dan merupakan suatu bidang perilaku manusia yang penting karena menyangkut kehidupan dan memiliki bubungan erat dengan etika. Didalam berbisnis setiap onung ingin agar mendatangkan banyak keuntutugan, sebagian orang berusaha agar dapat meraihnya, akan tetapi sehagian lagi bermalas-malasan, orang yang bermalas-malasan akan sulit baginys untuk bisa mendatangkan banyak keuntungan, oleh karena itu didalam ajaran agama dijelaskan bagaimana seseorang menjalani kehidupannya. Masjid agung jawa tengah merupakan salah satu masjid terbesar didaerah jawa tengah yaitu semarang, selain digunakan untuk beribadah masjid agung juga digunakan sebagian masyarakat untuk tempat mencari rezeki dengan cara berdagang. Dikarenakan sempatnya yang begitu strategis dan merupakan salah satu manjid yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia Dari fenomena yang terjadi, karena itu pemilis ingin mengetahui pengaruh mligiusitas terhadap etika bisnis pada pedagang masjid agung jawa tengah semarang pada tahun 2014 Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapat dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan kuizioner. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan metode analisis induktif, deduktif dan statistik yang meliputi uji validitas dan reability untuk menguji kuisioner, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh religiuritas terhadap etika bianis pada pedagang masjid agung jawa tengah. Hasil penelitian menunjukkan nilai adjusted r square 1,906, yang berarti pengaruh variable independent (religiusitas dengan lima dimensi) terhadap variabel dependent (Etika bimis) sebesar 90,6% sedangkan 9,4% dipengaruhi variable lain diluar penelitian ini. Dari uji ANOVA stai uji f, diperoleh f hitung >f table (238,282 4,00), maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti semua variable religiusitas secars bersama-sama memiliki pengaruh terhadap etika bisnis. Ujit memunjukkan secara parsial dimensi konsekuensial (pengalaman/penghayatan) berpengaruh terhadap etika bisnis secara signifikan, sodangkan dimensi ritual (peribadatan), dimensi experiental (pengalaman), dan dimensi intelektual (pengetahuan agama) tidak berpengaruh secara signifikan. Uji asumsi klasik menunjukkan hasil uji normalitas bahwa bahwa residual terdistribusikan secara normal. Uji multikolinearitas menunjukkan hasil bahwa tidak terjadi masalah multikolinieritas pada model regresi. Uji heterokodastisitas menunjukkan hasil bahwa tidah terjadi masalah heterokedastisitas pada model regresi. Uji autokorelasi menunjukkan hasil bahwa tidak terjadi autokorelasi pada model regresi. Maka dapat disimpulkan bahwa model regresi linier yang digunakan oleh penulis adalah model regresi yang baik karıma telah memenuhi beberapa uji asumsi klasik. Penulis sadar bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna. Terdapat banyak kekurangan dalam penelitian ini. Penulis berharap para peneliti muslim lainnya dapat melakukan kajian yang lebih dalam pade tema ini.
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |