Thesis
Published
محاولات أولياء الفصول في ترقية مستوى اللغة العربية لطلبة الفصل الأول بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام کونتور للتربية الإسلامية الحديثة
Abstract
ABSTRAK
Upaya-upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Standar Bahasa Arab Siswa Kelas Satu
Kulliyatu-I-Mu'allimin Al-Islamiyyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun
Ajaran 1431-1432H.
Aflah Surur
28.1.2.6870
Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia
yang menegakkan Pengajaran dan Pembelajaran dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris
dengan cara langsung. Yang mana para santri-santrinya menggunakan dua bahasa ini sebagai bahasa
percakapan, muhadatsah di kehidupan mereka sehari-hari. Lembaga pendidikan ini menaruh perhatian
yang sangat besar terhadap bahasa Arab, dan telah terbukti keberhasilannya dalam memproduk
alumni-alumni yang mampu berbahasa Arab dan Inggris. Ini semua tidak lepas dari peran dan upaya
para penggerak-penggerak bahasa yang ada di lembaga pendidikan ini. Santri-santri kelas satu Pondok
Modern Darussalam Gontor terbilang masih lemah dalam kemampuan berbahasa arab, kebanyakan
dari mereka berbicara bahasa Indonesia baik di dalam kelas maupun di luar kelas, begitu juga
kebanyakan dari mereka salah dalam Pengucapan, penulisan dengan bahasa Arab. Maka, dari pada itu
untuk meningkatkan bahasa Arab mereka harus dari upaya-upaya yang dilakukan dengan cara terusmenerus. Karena mampu tidaknya berbahasa Arab tergantung dengan metode pembelajaran dan upaya
- upaya yang banyak dari para wali-wali kelas.
Bertolak dari permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode
pembelajaran bahasa Arab siswa kelas satu Kulliyatu-l- Mu'allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern
Darussalam Gontor Ponorogo, serta upaya-upaya apa sajakah yang telah dilakukan para wali-wali
kelas satu untuk meningkatkan bahasa Arab mereka.
Jenis Penelitian ini adalah studi lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam
pengumpulan data-data, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu: Dokumentasi, Observasi, dan
Interview. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu
data reduction, yang berarti peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada
hal-hal yan penting, dicari tema dan polanya, data display (penyajian data) yaitu dengan uraian-uraian
singkat dan conclution drawing/verification.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Metode yang digunakan dalam pembelajaran
bahasa Arab siswa kelas satu Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam
Gontor adalah dengan menggunakan metode langsung (direct method). 2. Upaya-upaya yang telah
dilakukan para Wali-wali Kelas Satu adalah sebagai berikut: (a).Mengadakan latihan-latihan dan
perbaikan. (b). Praktek berbicara dan penulisan. (c). Muhakat atau siswa mengulangi uslub-uslub dan
kalimat-kalimat baru bahasa Arab dari wali kelas. (d). Menghafal kosa kata dan membuat kalimat
sempurna. (e). Pengulangan terhadap materi yang lalu sebelum memulai pembelajaran. (f).
Mewajibkan evaluasi lisan dan tulisan setelah pembelajaran dan pengajaran. (g). Menghafal sebagian
judul-judul di dalam buku Thamrin Lughoh yang telah dipilih oleh wali kelas. (h). Mengajarkan uslubuslub ucapan selamat dan salam sebelum memulai pembelajaran.(i). Mengadakan percakapan di
dalam kelas dan luar kelas.(j). Mengucapkan kalimat-kalimat bahasa arab dengan benar. (k).
Mewajibkan siswa untuk membawa kamus di dalam kelas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti mengharapkan kepada seluruh wali-wali
kelas satu dan guru-guru pengajar bahasa arab agar dapat meningkatkan bahasa arab para siswasiswanya khususnya siswa kelas satu, karena mereka adalah pemula dan harus di bentuk sebaik
mungkin bahasa mereka, yaitu dengan memperhatikan metode pembelajaran yang akan digunakan
dalam pengajaran bahasa arab dan harus mencari upaya-upaya yang sesuai dengan keadaan siswa kelas
satu.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
Item ID5553
Deposited20 Feb 2025 04:26