Pramana, Wahyu (2014) آلية تنفيذ تسويق منتجات الحج في التأمين الشرعي دراسة حالة في التأمينبوميبوترا الشرعي فرع كديريسنة (۲۰۱۳). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (31.3.3.8531 Wahyu Pramana (2014) - HES.pdf)
31.3.3.8531 Wahyu Pramana (2014) - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) |
Abstract
Dewasa ini asuransi syariah bukanlah suatu hal yang baru dalam kehidupan kita. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya asuransi syariah yang berdiri di negeri kita. Sehingga sebagian besar masyarakat sudah mengenal bahkan mengetahui asuransi syariah. Dengan perkembangan ini pula maka mendorong terjadinya persaingan yang ketat antar perusahaan asuransi, baik antar asuransi syariah sendiri maupun dengan asuransi konvensional. Untuk menghadapi persaingan ini maka setiap perusahaan asuransi syariah memerlukan suatu mekanisme yang strategis dalam memasarkan setiap produknya untuk dapat menarik minat calon pemegang polis, salah satu dari produknya adalah Mitra Mabrur (asuransi haji). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan mekanisme pemasaran pada produk haji yang diterapkan di Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif eksploratif. Untuk mendapatkan dan mengetahui gambaran umum serta data-data tentang Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri yang diteliti, peneliti mengadakan studi dokumentasi dan wawancara serta observasi. Dengan menggunakan metode induktif penulis berusaha memaparkan gambaran umum tentang mekanisme pemasaran pada produk haji di Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri, dan metode deduktif untuk mengambil kesimpulan tentang mekanisme pemasaran pada produk haji di asuransi tersebut, dan kemudian metode analisi deskriptif, yang digunakan penulis dalam menganalisis penerapan mekanisme pemasaran pada produk haji di Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pemasaran produk haji di Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri menggunakan beberapa mekanisme dalam memasarkan produk haji. Diantara mekanisme tersebut adalah dengan personal selling yaitu: pra pendekatan, pendekatan, wawancara, keberatan, penyelesaian, dan layanan, kemudian evaluasi dilakukan disetiap akhir bulan. Dengan menggunakan personal selling ini segmen pasar yang dituju lebih mudah digapai, sehingga produk haji lebih mudah dipasarkan. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menemukan segi negatif dari pemasaran yang dilakukan yaitu kurangnya analisis terhadap riset pemasaran, maka penulis memberikan saran kepada Asuransi Bumiputera Syariah Cabang Kediri agar melakukan analisis tersebut untuk mengetahui tingkat keinginan pasar untuk produk haji dan agar terus berupaya menjalankan pemasaran yang baik agar dapat bersaing dengan asuransi syariah lainnya di Indonesia. Akhirnya, peneliti menilai masih banyak kekurangan yang terdapat pada penelitian ini, dan untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini sehingga dapat memberikan kontribusi lebih demi kemajuan asuransi syariah.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2024 Bagus Mahdiyin |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 05:52 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 05:52 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5642 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |