Atina, Nur Hidayati (2014) MARKETING STRATEGY OF ISLAMIC EDUCATION FUND INSURANCE (Case Study at PT Takaful Family Insurance for Surakarta Branch on 2014). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (31.3.2.8867 - Atina Nur Hidayati (2014) - HES)
31.3.2.8867 - Atina Nur Hidayati (2014) - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (35MB) |
Abstract
Umat manusia, sepanjang hidup di dunia ini akan selalu berhadapan dengan berbagai macam situasi dan ancaman bahaya. Oleh karena itu, manusia berusaha untuk mendapatkan kedamaian dan menghindari bahaya. Maka didirikanlah perusahaan asuransi jiwa. Salah satunya adalah PT Asuransi Takaful Keluarga yang mempunyai produk asuransi pendidikan bernama Fulnadi (Takaful Dana Pendidikan). Asuransi pendidikan berfungsi untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak apabila orangtua tidak mampu membiayainya lagi. Pemasaran asuransi ini sangat penting, mengingat besarnya pasar yang terdapat di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga cabang Surakarta dalam produk Fulnadi dan mencari alternatif strategi pemasaran yang terbaik dan sesuai untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan pihak perusahaan dan wawancara terstruktur melalui kuisioner. Metode pengolahan dan analisis data diawali dengan mengidentifikasi faktor eksternal dan internal perusahaan yang selanjutnya dinyatakan dalam External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, Internal-External (IE) Matrix, Strength, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan analisis matrik EFE menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam posisi seimbang bahkan hampir kuat dalam menghadapi ancaman dan peluang dengan skor 2,928. Sedangkan matrik IFE menunjukkan bahwa posisi internal perusahaan seimbang atau rata dengan skor 2,677. Berdasarkan IE matrix, perusahaan berada di daerah kelima, dimana perusahaan bisa menggunakan strategi bertahan dan memelihara. Berdasarkan analisis QSPM, strategi S-O merupakan strategi yang paling tepat bagi perusahaan dengan total nilai 4,24. Strategi S-O yaitu. meningkatkan kualitas SDM untuk mengidentifikasi pasar, meningkatkan budaya kerja dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, meningkatkan kekuatan produk dengan memanfaatkan kebutuhan berasuransi masyarakat dan perubahan gaya hidup. Berdasarkan kesimpulan diatas, demi meningkatkan jumlah nasabah di PT Asuransi Takaful Keluarga maka perusahaan perlu meningkatkan kekuatan internal perusahaan terutama. dalam pengadaan pelatihan yang rutin terhadap para pegawainya. Dan memanfaatkan peluang yang telah ada dengan baik terutama dengan munculnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi pendidikan. Peneliti merasa bahwa masih terdapat banyak kesalahan dalam penelitian ini dan berharap semoga penelitian ini bermanfaat bagi peneliti khususnya dan para pembaca umumnya serta peneliti lain yang ingin mengembangkannya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 09:52 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 09:52 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5675 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |