-, Heryana (2014) تحليل العوامل المؤثرة على العملاء في اختيار الإجارة المتعددة الخدمات دراسة حالة في BPRS ميرو سانكارا ماجيلانج عام ٢٠١٤). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (31.3.3.9070 Heryana 2014 - HES.pdf)
31.3.3.9070 Heryana 2014 - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (53MB) |
Abstract
Perkembangan Bank Syariah di indonesia cukup pesat. Bank mempunyai fungsi dan peran sebagai lembaga yang menghimpun uang dari masyarakat yang mempunyai dana lebih dan menyalurkannya pada masyarakat yang membutuhkan dana. Salah satu produk jasa pada perbankan syariah ialah Ijarah Multijasa. Produk ijarah multijasa ialah jasa pelayanan yang diberikan lembaga keungan syariah, dan produk ini merupakan fasilitas kepada nasabah agar nasabah senantiasa merasa mudah dalam melakukan muamalah ekonomi guna memperoleh manfaat atau jasa. Di BPRS Meru Sankara Magelang, produk jasa ijarah multijasa menjadi salah satu produk jasa yang sangat diminati oleh nasabahnya. Tingginya minat nasabah dalam menggunakan produk ijarah multi jasa membuat peneliti tertarik untuk meneliti faktor-faktor apa yang mempengaruhi nasabah untuk menggunakan ijarah multijasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar perhatian nasabah dalam menggunakan produk Ijarah Multijasa dan mengungkap apa sajakah faktor yang mempengaruhi Nasabah dalam memutuskan untuk menggunakan produk ijarah multijasa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dalam penelitian ini didapat dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan kuesiner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan ijarah multijasa di BPRS Meru Sankara tahun 2014. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 35 responden. Analisis data menggunakan Analisis faktor eksploratori atau analisis komponen utama (PCA-principle component analysis) dengan program SPSS19 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya perhatian nasabah dalam menggunakan produk Ijarah Multijasa adalah besar dengan didasari dari persentase peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2010 sampai tahun 2013 sebesar 63% dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaannya adalah besarnya jaringan kerja dengan nasabah, besarnya pemahaman nasabah, pelayanan, pandangan nasabah terhadap Bank dan produk, serta reputasi Bank yang mana dari kelima faktor itu antara 0,5-1 pada anti image matrix dan nilai KMO and bartlett Test mendekati 1 yaitu 0,705. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada setiap Bank Syariah agar lebih memperhatikan faktor-faktor yang diatas guna untuk bisa lebih memperbaiki citra Bank itu sendiri dan produk-produk jasa yang akan di berikan pada nasabah. Dan bagi nasabah agar lebih memperhatikan akad-akad yang sesuai dengan kebutuhan nasabah serta sesuai dengan syariah.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2024 Bagus Mahdiyin |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 09:52 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 09:52 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5678 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |