Anshoriyah, Rohman (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus di Bank Muamalat Cabang Pembantu Sragen, tahun 2013-2014). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (31.3.2.8941-anshoriyah rohman-2014 - HES)
31.3.2.8941-anshoriyah rohman-2014 - HES.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (32MB) |
Abstract
Sukses tidaknya suatu perbankan ditentukan oleh bagaimana suatu perbankan tersebut dapat memberikan kepuasan kepada nasabahnya. Ada beberapa konsep untuk membangun kepuasan nasabah antara lain, Konsep Pemasaran, Konsep Kualitas dan Mutu, Konsep Kualitas Pelayanan dan lain sebagainya. Berbagai upaya dilakukan perusahaan perbankan untuk tetap bertahan hidup (survive) di masa setelah krisis yang berkepanjangan ini dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan perusahaan-perusahaan perbankan lainnya. Kepuasan nasabah merupakan suatu bentuk pelayanan yang paling penting bagi setiap perbankan, karena dengan kepuasan nasabah tersebut kita dapat mengetahui evaluasi dari seluruh produk yang ditawarkan kepada nasabah. Salah satu produk yang ditawarkan yaitu pembiayaan murabahah yang sering digunakan jasanya oleh nasabah disetiap perbankan. Dari sini penulis bisa melihat adarnya pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah, dan hal ini menarik penulis untuk meneliti tentang pengaruh pelayanan di pembiayaan Murabahah terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Cabang Pembantu Sragen tahun 2013-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor pelayanan apa yang mempengaruhi kepuasan nasabah, dan seberapa jauh pengaruh factor pelayanan di pembiayaan Murabahah terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Cabang Pembantu Sragen tahun 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kuantitatif eksploratif. Dalam mengumpulkan data tentang Bank Muamalat Cabang Pembantu Sragen penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mendapatkan data-data tentang pengaruh pelayanan di pembiayaan Murabahah terhadap kepuasan nasabah penulis menggunakan metode. angket dengan mengambil sampel sebanyak 23 orang dari keseluruhan nasabah murabahah 2013-2014 yang berjumlah 154 orang sebagai populasi. Pengujian tingkat Pengaruh Pelayanan di Pembiayaan Murabahah terhadap Kepuasan Nasabah dengan menggunakan teknik regresi linier berganda Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa 1) Pelayanan di Pembiayaan Murabshah di Bank Muamalat Cabang Pembantu Sragen sesuai dengan syariat Islam. 2) Adanya pengaruh pelayanan di pembiayaan Murabahah terhadap kepuasan nasabah dengan pengujian hipotesis sebagai berikut: dilihat dari nilai Fhitung sebesar 70,617 lebih besar dari F table (2,93) dan nilai / hitung dari variable Kehandalan (0,001), Ketanggapan (0,049), Jaminan (0,020), Bukti Fisik (0,000), dan Komunikasi (0,002), lebih kecil dari a 0,005 dan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan HI diterima atau semua variable memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah Dari penelitian ini penulis mengakui masih jauh dari kesempurnaan, sehingga penulis berharap kedepan ada peneliti peneliti yang dapat melengkapi kekurangan yang ada. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca umumnya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:23 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5723 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |