Sa'diah, Zulfatus (2014) إدارة العلاقة مع العملاء وأثرها في ولاء حاملي البطاقة العضوية ) دراسة حالة بشركة "رباني" سراغين سنة ٢٠١٤ ). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Zulfatus Sa'diah - HES - 2014 - 3132972)
Zulfatus Sa'diah - HES - 2014 - 3132972.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (101MB) |
Abstract
Pomasaran, sebagai salah satu kegiatan utama perusahaan, dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya. Pemasaran dapat didefinisikan sebagai analisis, perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian perusahaan terhadap sergapan pelanggan pada sumberdaya, kebijakan dan aktifitas dengan pandangan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kelompok pelanggan. Sementara itu, dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat di atas, perusahaan-perusahaan yang ada tidak lagi memfokuskan aktivitas pemasaran mereka semata-mata pada pencarian pembeli baru, namun sudah lebih kepada usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan lama. Dapat dikatakan bahwa tujuan perusahaan terkait dengan pemasaran saat ini telah bergeser dari ukuisisi pembeli (customer acquisition) kepada kesetiaan pelanggan (customer retention or customer loyalty). Maka dalam hal ini, penulis bermaksud membahas tentang cutomer relationship marketing dan pengaruhnya terhadaployalitas pelanggan membercard Rabbani Sragen. Penelitian ini bertujum untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel relationship marketing yang ditinjau dari variabel komitmen, kepercayaan, kepuasan, komunikasi, dan empati terhadap loyalitas pengguna kartu Rabbani Sigen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini 200 pengguna membercard Rabbani. Yang mana jumlah keseluruhan than pengguna membercard Rabbani Snigen berjumlah 1107. Dalam penelitian elitian ini variabel bebasnya adalah Komitmen (XI), kepercayaan (X2), kepuasan (X3) komunikasi (X4). dan empati (X5), Sedangkan variabel terikutnya adalah loyalitas pelanggan membercard (Y). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skulu likert bertingkat yang terdiri dari lima alternatif jawaban yang mengandung variasi nilai bertingkat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dan pengujian hipotesis koefisien regresi (koefisien determinani, uji signifikan serentak Uji F, dan uji signifikan Individual/Ujit) Dari hasil perhitungan uji F hitung sebesar 9,083 yang berzti F hitung lebih besar F tabel, sehingga Ho Ho ditob ditolak artinya variabel independent yang meliputi komitmen, kepercayaan, kepuasan, komunikasi, dan empati bersama-sama mempengaruhi variabel dependen yaitu loyalitas pengguna member cardrabbani sragen. dan dari nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,169 yang g art artinya ke-5 variabel customer relationship marketing secara bersama sama mempengaruhi variabel loyalitas sebesar 16,9% dan sebanyak 83,1% pengaruh lainnya disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari hasil uji persial diperoleh thitung 3,087 dant tabel 1, 65 dengan a 0,05, maka t hitung t tabel, dengan demikian Ho ditolak yang berarti bahwa variabel independent empati berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan membercard rabbani sragen sedangkan variabel yang lain g lain tidak memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Demikianlah hasil penelitian ini, penulis sadar penelitian ini belum mencapai kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk bisa meneliti lebih jauh lagi tentang variabel lain yang bisa mempengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan member card Rabbani Sragen. Demikianlah apa yang dapat penulis berikan, dan penulis telah berusaha untuk menyempurnakan tulisan ini walaupun masih jauh dari kata sempurna. Dikarenakan keterbatasan yang dimiliki penulis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan dapat disempurnakan oleh peneliti selanjutnya. Amin
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2024 Muhammad Baehaqi |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 06:23 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:23 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5821 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |